/ Huawei

Huawei Nova 2 dan Nova 2 Plus Diperkenalkan, Dual-camera jadi Andalan

Huawei adalah salah satu pioner yang menggagas kehadiran smartphone dengan dukungan dual kamera. Tentu kita ingat, mereka sukses menggaet penggila gadget di banyak negara lewat Huawei P9 dan P10 yang keduanya juga dibekali dual kamera belakang.

Baru-abru ini, produsen teknologi asal Cina tersebut kembali menghadirkan perangkat terbarunya yang juga mengadopsi dual kamera, yakni Huawei Nova 2 dan Nova 2 Plus. Dikemas dengan balutan logam dan memiliki desain yang mirip, Nova 2 dan Nova 2 Plus hadir untuk menyasar segmen kelas menengah.

Tentu saja, fitur unggulan yang menjadi "selling point" dari kedua smartphone ini adalah kombinasi dual kamera belakang yang ditanam, yakni 12 MP dengan aperture f/1.8 dan 8 MP yang memiliki kemampuan optical zoom maupun portrait mode (foto dengan efek bokeh).

Bergeser ke kamera depan yang disematkan, Huawei membenamkan Nova 2 dan Nova 2 Plus dengan sensor 20 MP. Tak ada keterangan resmi, apakah sensor yang begitu tinggi sengaja dibenamkan oleh Huawei untuk manjakan para pecinta foto selfie.

Huawei Nova 2 dan Nova 2 Plus 2

Sedangkan untuk layarnya, kedua smartphone ini telah mengadopsi teknologi LTPS LCD dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), dan menggunakan kaca lengkung 2.5D. Hal yang membedakannya terdapat pada lebar layar, yakni Nova 2 memiliki ukuran layar 5 inci sedangkan Nova 2 Plus berukuran 5,5 inci.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Huawei Nova 2 maupun Nova 2 Plus sama-sama menggunakan chipset buatan Huawei sendiri, yakni Kirin 659 octa-core yang dipadukan dengan GPU Mali-T830 MP2 dan RAM 4 GB.

Sementara, internal storage yang disematkan ke dalam Nova 2 memiliki kapasitas 64 GB dan Nova 2 Plus dua kali lebih besar, yakni 128 GB. Jika kapasitas internal storage tersebut kurang memadai, pengguna bisa memperluasnya menggunakan microSD.

Perbedaan lainnya adalah kapasitas baterai. Jika Nova 2 dibekali baterai berkapasitas 2.950 mAh, Nova 2 Plus sedikit lebih besar, yakni 3.340 mAh. Tak ketinggalan, Huawei juga membekali keduanya dengan fingerprint di bagian belakang, SIM Card 4G-LTE, USB Type-C, serta EMUI 5.1 berbasis Android 7.0 alias Nougat.

Kedua smartphone ini baru akan dijual di Cina pada tanggal 16 Juni 2017 dengan lima pilihan warna, yakni Aurora Blue, Grass Green, Obsidian Black, Gold, dan Rose Gold. Huawei Nova 2 ditawarkan dengan harga 2.499 Yuan atau sekitar Rp4,85 jutaan dan Nova 2 Plus dibanderol dengan harga 2.899 Yuan atau sekitar Rp5,6 jutaan.

(last edit: 27 May, 2017 / 2:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
51%
Mau
12%
Biasa Aja
32%
Payah!
8%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.