Huawei Mate 10: Rumor Harga, Spesifikasi, dan Waktu Rilis

Setahun yang lalu, Huawei berhasil merilis Huawei Mate 9 yang cukup memesona. Smartphone ini layak dijuluki smartphone ‘Monster’ karena selain memiliki desain yang macho, Huawei Mate 9 juga dibekali dapur pacu dan kamera belakang yang superior.

Namun, kecanggihan smartphone ini jadi terasa kurang gahar semenjak munculnya smartphone-smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy S8, Xiaomi Mi 6, One Plus 5, atau bahkan Samsung Galaxy Note 8 dan iPhone 8. Tentunya, performa Huawei Mate 9 akan dilibas habis oleh sederet smartphone flagship tersebut.

Oleh sebab itu, untuk dapat bersaing dengan smartphone-smartphone flagship keluaran terbaru, kabarnya Huawei tengah sibuk meramu smartphone penerus Mate 9, yakni Huawei Mate 10. Kira-kira seperti apa desain dan kecanggihan Huawei Mate 10? Berikut ini adalah ulasan mengenai rupa dan spesifikasi Huawei Mate 10 berdasarkan bocoran dan rumor yang beredar.

Harga dan waktu rilis

huawei mate 10 rumor 3

Melalui teaser yang di-upload secara online, Huawei telah mengungkapkan tanggal kelahiran Mate 10 yang akan jatuh pada 16 Oktober 2017 mendatang. Prediksi ini juga diperkuat oleh salah satu media terpercaya GSMArena, yang melaporkan bahwa Huawei Mate 10 akan melenggang pada tanggal 16 Oktober mendatang di kota Munich, Jerman.

Soal harga, kemungkinan besar Huawei Mate 10 dibanderol dengan harga yang tak jauh beda seperti saat merilis Mate 9 tahun lalu, yakni sekitar US$600 - US$700 atau setara dengan Rp9 juta.

Desain dan layar

huawei mate 10 rumor 1

Beralih ke sisi desain, kabarnya Huawei Mate 10 bakal mengadopsi konsep layar penuh seperti Samsung Galaxy S8, disebut EntireView Display. Layar lega ini memiliki resolusi Quad HD. Tak berhenti di situ saja, rumornya Huawei tetap konsisten untuk tidak memasang tombol fisik home pada bagian depan Huawei Mate 10.

Sementara di bagian belakang, terdapat kamera yang diletakkan vertikal bak Huawei Mate 9. Selain itu, ada pula kabar yang menyatakan bahwa Huawei tidak akan menyematkan sensor sidik jari pada bagian belakang lagi, melainkan mengintegrasikannya pada bagian layar.

Spesifikasi

huawei mate 10 rumor 4

Untuk menunjang performa dan teknologi yang diusung, Huawei Mate 10 bakal menggunakan chipset terbarunya, Kirin 970. Prosesor terbaru ini dipercaya memiliki performa yang lebih cepat dengan efisiensi daya yang lebih tinggi ketimbang Kirin 960. Bahkan bos Huawei berani mengatakan chipset ini bakal bisa mengalahkan Apple A11 milik iPhone 8.

Kinerja chipset tersebut akan ditunjang dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal hingga 128 GB. Sementara untuk urusan daya, rumornya Huawei Mate 10 bakal dibekali baterai dengan kapasitas jumbo 3.900 mAh. Baterai ini juga dilengkapi fitur pengisian daya cepat Huawei Super Charge 3.0.

Kamera

huawei mate 10 rumor 2

Selazimnya smartphone racikan Huawei, Mate 10 dipastikan datang dengan dual-camera belakang. Laporan ini kami dapat dari iGeekPhone yang menyatakan bahwa dual-camera Huawei Mate 10 terdiri dari satu lensa RGB beresolusi 12 MP dan satu lensa monokrom dengan resolusi 20 MP. Masing-masing lensa menggunakan aperture f/2.0.

Menariknya, banyak yang memprediksi jika Huawei Mate 10 akan hadir dengan dual-camera selfie layaknya OPPO F3 Series. Jika hal ini benar-benar terealisasikan, tentu hal ini akan jadi kabar buruk bagi smartphone-smartphone yang menonjolkan sisi kamera selfie atau fotografi lainnya.

(last edit: 28 August, 2017 / 11:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
9%
Biasa Aja
6%
Payah!
5%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.