Huawei Jadi Jawara di Pasar Smartphone Cina

Setelah bercokol di posisi kedua selama dua kuartal, akhirnya pada kuartal pertama 2017 Huawei kembali merebut posisi teratas produsen smartphone dengan penjualan terbanyak. Dilansir dari GSMArena, selama periode tersebut Huawei mampu menjual smartphone sebanyak 21 juta unit dengan market share 18 persen.

OPPO yang tergeser posisinya, kini berada di peringkat kedua dengan catatan penjualan sebanyak 20 juta unit. Pertumbuhan penjualan tahunan OPPO yang mencapai 55 persen ternyata tidak cukup untuk mempertahankan posisinya.

Semetara itu, Vivo menduduki peringkat ke-3 dengan market share 15 persen dengan total penjualan 17 juta unit. Apple berada di urutan keempat dan Xiaomi berada di urutan kelima dengan mengirim sembilan juta perangkat. Peringkat Xiaomi pada kuartal I 2017 ini cukup merosot tajam dari posisi ketiga turun menjadi kelima. Xiaomi tampaknya menghadapi tekanan dengan adanya sub-brand milik Huawei, yaitu Honor.

Menariknya, jika angka penjualan ketiga vendor tadi digabungkan, mereka menyumbangkan lebih dari 50 persen penjualan smartphone. Selain itu, OPPO dan Vivo merupakan anak perusahaan dari perusahaan yang sama, BBK Electronics (bersama dengan OnePlus). Jadi jika seluruh penjualan anak perusahaan BBK ditotal, maka mereka akan menjadi nomor 1 di China.

(last edit: 27 April, 2017 / 10:33 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
57%
Mau
9%
Biasa Aja
17%
Payah!
23%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.