HTC vs Apple, Siapa yang Menyontek?

Bukan masalah besar, apalagi perselisihan sengit. Namun pembicaraan menyangkut smartphone terbaru HTC, yaitu HTC One A9 yang diklaim mirip iPhone 6 memang menimbulkan perdebatan seru. Tapi sebenarnya siapa yang meniru siapa?

Banyak masyarakat dan pengguna gadget saat ini yang berpendapat bahwa desain yang dimiliki HTC One A9 menyontek desain Apple iPhone 6. Kalau diperhatikan dan disandingkan, desain HTC One A9 memang benar mirip iPhone 6.

Namun sebenarnya HTC sudah lebih dulu merancang dan merilis smartphone bergaya serupa bernama HTC One M7 pada tahun 2013 silam.  Saat itu, iPhone 6 belum lahir dan HTC sudah lebih dulu merancang One M7 dengan desain unibody.

HTC mengatakan bahwa desain One A9 adalah perpaduan HTC One M7 dan HTC Desire 816. Hasilnya, HTC One A9 memiliki bodi metal khas One M7 dengan lekukan bodi oval khas Desire 816. Sementara di bagian belakangnya terdapat dua gari horizontal di sisi atas dan bawah.

Usut punya usut, ternyata garis horizontal tersebut juga sudah ada pada HTC One M7. Bukan sekadar hiasan, garis tersebut sebenarnya adalah antena. Jack Tong, President HTC North Asia mengatakan bahwa Apple lah yang meniru desain antena dan menerapkannya pada iPhone 6. Jadi, siapa meniru siapa?

(last edit: 28 October, 2015 / 12:44 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
74%
Mau
10%
Biasa Aja
10%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.