Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

Honor Resmi Rilis Honor Vision, Smart TV Pertama dengan HarmonyOS

Honor baru saja memperkenalkan smart TV terbarunya, Honor Vision. Dibekali serangkaian fitur menarik, ini adalah smart TV pertama berbasiskan sistem operasi HarmonyOS yang baru saja diperkenalkan oleh Huawei.

Updated

Berkompetisi di industri smart TV, Honor membuat kejutan di sela-sela gelaran Huawei Develepor Conference (HDC) 2019 dengan memperlihatkan perangkat terbarunya, Honor Vision. Menariknya, smart TV ini datang dengan dua model pilihan, yakni model biasa dan Pro yang masing-masing punya panel IPS 4K berukuran 55 inci.

Smart TV terbaru dari Honor ini juga memiliki kecerahan layar hingga 400 nits, sudut pandang 178 derajat, NTSC 87 persen dan sertifikasi TUV Rheinland untuk proteksi blue light. Honor Vision dikemas dalam bingkai logam yang sangat tipis, yakni hanya 6,9 mm sehingga memiliki rasio screen-to-body mencapai 94 persen.

Hal menarik lainnya yang patut kalian ketahui adalah dukungan hardware yang disematkan ke dalam smart TV ini. Otaknya memakai Honghu 818 dengan CPU Octa-core. Honor mengklaim bahwa itu seperti chipset yang ada di dalam smartphone dan memiliki serangkaian fitur di dalamnya.

Beberapa teknologi pemprosesan gambar yang disematkan mencakup Motion Estimate and Motion Compensation (MEMC), High Dynamic Range Imaging (HDR), Super-Resolution (SR), Noise Reduction (NR), Dynamic Contrast Improvement (DCI), Auto Color Management (ACM) dan Local Dimming (LD).

Juga ada dukungan chipset HiSilicon Hi1103, yang mendukung 2,4 GHz, 5 Hz dual-band dan 160 MHz bandwidth untuk kecepatan download hingga 1,7 Gbps. Hal lain yang turut diselipkan oleh Honor ke dalam smart TV ini adalah  Smart Pop-up AI Camera. Hanya saja, dukungan ini hadir pada model Pro untuk video call yang lebih nyaman.

Mirip seperti smartphone alias ponsel cerdas, Honor juga menyelipkan chipset NPU khusus, yakni HiSilicon Hi3516DV300. Chipset NPU ini akan terintegrasi dengan kamera sehingga modulnya bisa memiliki kemampuan AI yang berguna untuk face recognition, body tracking dan posture detection.

Namun, dari semua fitur yang telah disebutkan di atas, Honor Vision datang dengan sistem operasi yang mengejutkan. Ya! TV pintar ini percaya diri datang dengan sistem operasi terbaru dari Huawei, HarmonyOS. Seperti yang dijanjikan oleh Huawei, sistem operasinya itu juga akan berjalan mulus pada berbagai perangkat, salah satunya smart TV.

Berbekal sistem operasi HarmonyOS, Honor Vision tentunya akan membawa serangkai fitur yang ada di dalam sistem operasi tersebut. Sebut saja HiLink, ini adalah open smart home dan ekosistem IoT dari Huawei yang dimasukkan langsung ke dalamnya. Artinya, Vision dapat bertindak sebagai hub untuk semua kebutuhan smart home pemiliknya.

Honor Vision juga akan menjadi pusat hiburan yang menawarkan konektivitas tanpa batas ke smartphone atau tablet penggunanya. Ini termasuk berbagi file dan multimedia, memasukkan teks dan mengendalikan TV dari jarak jauh, serta beralih secara lebih mulus antara mode DLNA dan streaming Miracast dengan latensi yang lebih rendah.

Baca juga

Bagi kalian yang pensaran dengan harganya, Honor menjual Honor Vision model standar dengan harga CNY 3.799 atau sekitar Rp7,6 juta. Sementara, model Pro ditawarkan dengan harga CNY 4.799 atau sekitar Rp9,6 juta. Perbedan model biasa dan Pro terletak pada dukungan smart-camera, speaker dan penyimpanan internal yang dimiliki.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer