/ Nokia

HMD Global Rilis Nokia 7, Ini Dia Negara yang Kebagian

Akhirnya terjawab sudah teka-teki HMD Global yang menggelar sebuah event di Negeri Tirai Bambu pada tanggal 19 Oktober 2017 kemarin. Ya! Produsen smartphone yang kini memegang lisensi Nokia tersebut telah kembali merilis satu perangkat terbarunya, Nokia 7.

Menariknya, Nokia 7 jadi perangkat pertama HMD Global yang sudah disokong kaca 3D Corning Gorilla Glass di bagian belakang. Selain itu, smartphone ini juga terbuat dari bahan aluminium seri 7000 yang dipotong menggunakan berlian. Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada chipset Snapdragon 630 yang memiliki performa bertenaga, namun hemat dalam konsumsi daya baterai. HMD Global juga membekali Nokia 7 dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB serta internal storage 64 GB ditambah slot microSD.

Sedangkan untuk layarnya sendiri, Nokia 7 dikemas dengan bentang layar berukuran 5,6 inci Full HD alias 1.080 piksel dengan teknologi IPS. Tak hanya itu, layarnya juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Untuk kebutuhan memotret, smartphone ini juga sudah disokong dengan kamera utama 16 MP plus aperture f/1.8 dengan lensa Carl Zeiss. Tak ketinggalan, HMD Global juga membekali kamera utamanya ini dengan dual-tone LED flash.

Lalu, bagaimana dengan resolusi kamera depannya? Untuk mengakomodir para pengguna Nokia 7 yang suka selfie, HMD Global juga menyematkan kamera depan 5 MP dengan bukaan f/2.0. Menariknya, kamera depannya ini juga sudah mengusung konsep wide-angle hingga 84 derajat.

Masih seputar dukungan kamera yang dibenamkan, HMD Global juga melengkapi smartphone ini dengan fitur Dual-Sight. Hadirnya fitur ini memungkinkan kamera depan dan belakang bisa menjepret atau merekam video secara bersamaan. HMD Global juga tak melupakan soal keamanan. Oleh karena itu, smartphone tersebut juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang diletakkan di bagian belakang perangkat. Sertifikasi IP54 yang membuktikan Nokia 7 tahan terhadap cipratan air juga turut disematkan.

Dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh, HMD Global juga memperkaya smartphone ini dengan beberapa fitur andalan lainnya, seperti konektivitas 4G-LTE Cat. 6, NFC, USB Type-C, serta Bluetooth 5.0. Hadir dalam dua pilihan warna, yakni Gloss Black dan Matte White, Nokia 7 juga sudah dibekali dengan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Tak kalah menarik, HMD Global juga menjanjikan bahwa sistem operasi yang terpasang dapat ditingkatkan menjadi Android 8.0 alias Oreo.

Tersedia perdana di pasar Cina, Nokia baru ini akan dipasarkan mulai tanggal 24 Oktober 2017 nanti. Varian RAM 4 GB dijual seharga 2.499 Yuan atau sekitar Rp5 jutaan. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut, apakah smartphone ini nantinya juga bakal dijual di luar pasar Cina.

(last edit: 21 October, 2017 / 1:36 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
27%
Mau
44%
Biasa Aja
8%
Payah!
21%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.