Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi Pad 3 Bocor Sebelum Rilis

Selain di Cina, kepopuleran produk-produk Xiaomi telah menghampiri Indonesia. Hal ini ditandai banyaknya pembelian smartphone maupun tablet Xiaomi secara resmi maupun tidak resmi di tanah air. Dalam dunia tablet, Xiaomi mampu menghadirkan Mi Pad dan Mi Pad 2 yang memiliki spesifikasi hardware mumpuni.

Pada awal kemunculan Mi Pad di tahun 2014, Xiaomi membenamkan prosesor NVIDIA Tegra K1 pada tablet ini. Sementara itu, Mi Pad 2 yang hadir pada bulan November 2015 menggunakan prosesor Intel Atom X5-Z8500. Kedua tablet ini sangat bertenaga dan memiliki harga yang terjangkau. Sayangnya bagi sebagian orang, absennya slot kartu SIM untuk dukungan jaringan selular menjadi kekurangan dua tablet ini.

Menariknya, kemarin baru saja muncul bocoran yang lengkap mengenai tablet terbaru dari Xiaomi yang bernama Mi Pad 3. Tablet yang satu ini akan menggunakan prosesor yang biasanya dibenamkan pada laptop, yakni Intel Core m3-7Y30 dual-core berkecepatan 2,6 GHz Hyper-Threading dan didampingi GPU Intel HD Graphics 615.

mi pad 3

Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, Xiaomi menyematkan RAM 8 GB pada Mi Pad 3. Dengan kombinasi ini dapat membuat tablet berjalan dengan lancar ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, penyimpanan internalnya memiliki dua pilihan yang terdiri dari 128 GB atau 256 GB.

Mengikuti tren saat ini, Mi Pad 3 juga akan disematkan pemindai sidik jari yang memungkinkan penggunanya bisa membuka kunci tablet, membuka aplikasi, dan menjalankan fitur hanya dengan menyentuhkan jarinya saja. Untuk layarnya, Xiaomi menyematkan layar 9,7 inci retina display yang beresolusi 2.048 x 1.536 piksel.

Berbeda dengan tablet kebanyakan, Mi Pad 3 akan menggunakan kamera beresolusi besar yang terdiri dari kamera utama 16 MP ditambah dual-tone flash yang dapat mengambil foto dengan baik dan kamera depan 8 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie serta video call dengan lancar.

mi pad 3 dock

Baterainya akan berkapasitas 8.290 mAh yang sudah didukung dengan port USB Type-C dan Quick Charge 3.0. Sejak Xiaomi dan Microsoft menjadi teman baik, dikabarkan Xiaomi Mi Pad 3 akan rilis dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 dan telah ter-install langsung beberapa aplikasi Microsoft, seperti MS Office Suite dan asisten pribadi Cortana.

Tablet ini memiliki bodi yang dibalut dengan logam dan untuk ketebalannya hanya mencapai 6,08 mm. Sementara bobotnya mencapai 380 gram. Untuk membuat penggunanya nyaman, Xiaomi juga menjual secara terpisah keyboard dock untuk tablet ini dengan harga 99 Yuan atau sekitar Rp195 ribu. Dari desainnya, keyboard dock ini memiliki desain chiclet yang mirip seperti keyboard untuk Macbook.

Diperkirakan tablet Xiaomi Mi Pad 3 akan meluncur secara resmi di Cina pada tanggal 30 Desember 2016 dengan harga yang mencapai 1.999 Yuan atau sekitar Rp3,9 juta untuk versi penyimpanan internal 128 GB dan 2.299 Yuan atau sekitar Rp4,4 juta. Terakhir, belum diketahui apakah tablet ini sudah mendukung jaringan selular atau hanya mendukung WiFi saja.

(last edit: 15 December, 2016 / 9:45 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
60%
Mau
33%
Biasa Aja
3%
Payah!
3%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.