/ ASUS

Harga dan Spesifikasi ASUS ZenFone 4 Max (ZC554KL)

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 4 Max (ZC554KL)

Harga

Rp3-4 jutaan

Bodi

154 x 76,9 x 8,9 mm, 181 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 430 0cta-core 1,4 GHz

GPU

Adreno 505

RAM

4 GB

Storage

32/64 GB

Layar

S-IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP+13 MP & 8 MP

Baterai

5.000 mAh

Sistem Operasi

ASUS ZenUI 4.0 (Android 7.0)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

Wi-Fi, Bluetooth, GPS

Interface

USB C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Lainnya

Fast charging
Reverse charging

ASUS bakal merilis smartphone terbarunya, ZenFone 4, dengan varian yang cukup banyak. Dugaan sementara, pabrikan teknologi asal Taiwan ini akan merilis ASUS ZenFone 4 dalam enam seri, salah satunya ZenFone 4 Max ZC554KL. Memiliki embel-embel "Max", smartphone ini unggul dalam kapasitas baterai yang disematkan.

Baterai 5.000 mAh fast charging

asus zenfone 4 max 1

Seperti telah disebutkan, mengusung label "Max", mengikuti pendahulunya ASUS ZenFone Max, smartphone ini bakal dipersenjatai dengan kapasitas baterai berukuran jumbo, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, smartphone ini juga bisa berfungsi layaknya Power Bank untuk mengisi baterai smartphone lainnya.

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang terbilang besar, ASUS juga membekalinya dengan dengan fitur fast charging. Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir jika ingin melakukan pengisian baterai karena bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Desain Monoton dan Layar 5,5 inci Full HD

ASUS Zenfone 4 Max 4

Menyinggung desain yang dihadirkan, sangat disayangkan ASUS tak berani menampilkan desain yang berbeda dengan seri ZenFone sebelumnya. Tak ada yang spesial dari segi desain bodinya, lantaran ASUS ZenFone 4 Max cenderung monoton.

Panel belakang bodinya berbalut material logam dengan garis antena terlihat melintang di atas dan bawah. Lantaran mengunggulkan baterai berkapasitas besar, jangan harap bodi smartphone ini bisa enteng. Dimensinya sendiri berukuran 154 x 76,9 x 8,9 mm dengan berat mencapai 181 gram.

ASUS ZenFone 4 Max hadir dengan ukuran layar yang ideal untuk kelas smartphone modern, yakni 5,5 inci. Dengan menggunakan panel S-IPS LCD, layar smartphone ini memiliki resolusi Full HD dengan tingkat kerapatan layar mencapai 401 ppi. ASUS pun berani menjamin, warna yang dihadirkan lebih natural dan tajam.

Dual-camera 13 MP

Tren smartphone saat ini adalah pemanfaatan dual-camera. Tak hanya untuk kamera belakang, tetapi juga kamera depan. ASUS pun menjadi salah satu produsen smartphone yang turut meramaikan pemanfaatan dual-camera.

Produk pertama ASUS yang mengadopsi pemanfaatan dual-camera adalah ASUS ZenFone Zoom S. Sayangnya, ASUS menawarkan smartphone ini dengan harga lumayan tinggi. Kini, ASUS berani menghadirkan dual-camera belakang ke dalam ZenFone 4 Max dan menjanjikan untuk menjual smartphone ini dengan harga terjangkau.

Dual-camera belakang yang disematkan ke dalam ASUS ZenFone 4 Max mengombinasikan lensa 13 MP+13 MP. ASUS juga melengkapi dual-camera belakangnya tersebut dengan fitur autofocus dan LED flash. Sedangkan kamera depan yang disematkan memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2.

Prosesor entry-level

ASUS Zenfone 4 Max 2

Lalu bagaimana untuk urusan dapur pacunya? Terkadang memang harus ada yang dikorbankan dari sebuah perangkat smartphone yang fokus mengunggulkan satu fitur tertentu. Itulah yang terlihat dari smartphone ASUS ZenFone 4 Max ini.

Demi menekan harga jual yang bisa dijangkau oleh konsumennya, ASUS membekali Zenfone 4 Max dengan Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHZ yang dipadukan dengan GPU Adreno 505. Perlu diketahui bersama, prosesor ini biasanya disematkan pada smartphone kelas menengah ke bawah dengan banderol Rp2 jutaan.

Meskipun mengadopsi prosesor kelas bawah, ASUS telah menyematkan RAM yang terbilang besar ke dalam smartphone ini, yakni 4 GB. Untuk internal storage yang ditanam berkapasitas 32/64 GB dan pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanannya menggunakan microSD hingga 256 GB.

Harga ASUS ZenFone 4 Max ZC554KL

Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran saat ini, ASUS juga melengkapi ZenFone 4 Max dengan sensor fingerprint. Sudah jelas, fitur ini hadir terkait dengan masalah keamanan dan ASUS mengintegrasikannya dengan tombol fisik home di bagian depan.

Belum ada informasi yang akurat mengapa ASUS lebih percaya untuk memasarkan ZenFone 4 Max ZC554KL ini di pasar Rusia. Selain itu, ASUS juga belum berbicara banyak, kapan smartphone ini tersedia dipasar global, termasuk di Indonesia.

Dugaan yang banyak beredar di dunia maya, ASUS akan menjual ZenFone 4 Max ini dikisaran harga Rp3 juta hingga Rp4 juta. Jika benar begitu, hal ini dianggap wajar karena ASUS membekali smartphone ini ini dengan prosesor entry-level, namun melengkapinya dengan dual-camera belakang.

(last edit: 17 July, 2017 / 8:32 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
24%
Mau
8%
Biasa Aja
17%
Payah!
52%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.