Connect with us
Hands-on

Hands-on Vivo V15

Vivo V15 akhirnya sudah secara resmi dirilis oleh Vivo di pasar Indonesia. Nah! Buat kalian yang penasaran dengan smartphone ini, Vivo V15 datang dengan SoC Helio P70, RAM 6 GB, ROM 64 GB, baterai 4.000 mAh dan dijual seharga Rp4.399.000.

Updated

Vivo di pasar Indonesia baru saja merilis Vivo V15. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan kamera depan yang menarik. Bagaimana tidak! Vivo V15 punya kamera depan model pop-up dan smartphone ini sekaligus jadi “jagoan” Vivo di awal tahun 2019.

Seperti yang kita tahu, pada tahun lalu Vivo juga sudah menggoyang pasar Indonesia dengan mendatangkan Vivo V11 Pro. Smartphone ini pun datang dengan membawa serangkaian fitur mengejutkan, diantaranya fingerprint under display.

Nah! Setelah enam bulan berlalu, Vivo memperkenalkan Vivo V15. Smartphone ini datang dengan model boks penjualan yang tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Ya! Vivo V15 punya dua pilihan warna yang ditawarkan, yakni Glamour Red dan Royal Blue.

Isi paket penjualan Vivo V15

Saat kita bongkar isi paket penjualannya, sama seperti biasanya. Tetapi, di dalamnya kita akan menemukan casing bawaan yang berbeda. Bisanya kita akan dikasih soft-case, sekarang kita akan mendapatkan semi hard-case, yang tengahnya transparan dan pinggirannya sudah dilapisi karet.

Jika kita perhatikan, pada casing-nya ada bagian atasnya yang terpotong. Sudah bisa ditebak, ini memang dirancang untuk sistem kamera depan yang naik-turun. Dan Vivo V15 jadi smartphone pertama yang datang ke Indonesia membawa model kamera depan pop-up, mirip seperti yang ada di Vivo APEX.

Nah! Karena kamera depan tidak ditempatkan di area layar, artinya pengguna akan mendapatkan layar minim bezel yang tidak lagi ada poni atau pun punch-hole. Ya! Vivo menyebutnya ini adalah Ultimate All Screen dan kita pun bisa mengatakan, “Selamat tingga poni.”

Layar “Ultimate All Screen” 6,53 inci

Bisa kita rasakan, layar Vivo V15 terasa lebih luas. Selain bezel tipis dan tidak ada poni, ukuran layarnya memang tergolong jumbo, yakni 6,53 inci. Resolusinya sudah FullHD+ dan memiliki aspek rasio 19,5:9. Tak perlu khawatir, layarnya sudah diproteksi Gorilla Glass 5 plus sudah terpasang antigores bawaan.

Pada bagian belakangnya, Vivo masih memuat sensor fingerprint. Selain itu, kita juga bisa menemukan dukungan tiga kamera yang dihimpun dalam satu bingkai yang agak menonjol. Sementara buat bodinya sendiri, material yang digunakan masih sama seperti Vivo V11 Pro, yakni polikarbonat.

Seperti yang telah disebutkan, ada dua warna Vivo V15 yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia, yakni Royal Blue dan Glamour Red. Seperti kebanyakan smartphone yang muncul saat ini, keduanya juga punya akses gradasi, tetapi warnanya cenderung gelap.

Untuk tombol Power dan Volumen, Vivo menempatkannya di sisi kanan perangkat. Sedangkan di sisi kiri, pengguna bisa menemukan tombol shortcut khusus untuk mengakses Google Assistant. Sementara, jack audio 3.5mm, lubang speaker dan port microUSB (bukan USB Type-C) ada di sisi bagian bawah.

Ditenagai Helio P70

Berbicara soal jeroan, Vivo hanya membekali Vivo V15 dengan chipset 12 nanometer Helio P70 yang dibuat oleh MediaTek. Chipset yang dibenamkan telah dipasangkan dengan RAM sebesar 6 GB serta internal storage 64 GB. Tenang! Masih ada slot microSD yang disematkan.

Bagaimana dengan Helio P70? Karena penasaran, DroidLime langsung melakukan benchmarking menggunakan aplikasi AnTuTu. Hasilnya, Vivo V15 mendapatkan skor 145 ribuan. Nah! Dari skor yang di dapat bisa dibilang Helio P70 adalah lawan setara Snapdragon 660 besutan Qualcomm.

Seperti hands-on lainnya, Vivo V15 yang ada di tangan DroidLime juga diajak untuk bermain game PUBG Mobile. Frame rate-nya lancar dan tidak ada kendala. Namun, bagi kalian yang penasaran dengan detail performanya, akan dibahas dalam review berbeda. So, tunggu saja!

Oh ya, Vivo V15 juga sudah ditunjang dengan catu daya yang tidak mengecewakan. Di dalam V15, Vivo sudah membenamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Tidak ketinggalan, Vivo juga sudah melengkapinya dengan dukungan Dual-Engine Fast Charging 18 Watt.

Kamera depan dan belakang sama menariknya

Seperti yang telah disinggung di atas, Vivo V15 datang dengan kamera depan alias selfie-camera model pop-up alias naik turun. Tak kalah menarik, di bagian belakangnya Vivo membenamkan tiga kamera sekaligus plus LED flash.

Jajaran kamera belakang, Vivo menyebutnya AI Triple Camera dan sudah disokong dengan AI Super Wide Angle. Konfigurasinya adalah 12 MP sebagai kamera utama, 8 MP sebagai lensa super-wide, dan yang ketiga adalah 5 MP sebagai lensa depth effect.

Satu hal yang tak kalah menarik, Vivo juga menyediakan fitur serta mode pemotretan yang terbilang sangat beragam. Tak ketinggalan, dukungan AI alias kecerdasan buatan juga turut dimuat, seperti AI Scene Recognition, Smart Framing, AI Body Shaping dan sebagainya.

Bagaimana dengan kamera depannya? Juga tak kalah menarik, Vivo membenamkan lensa 32 MP. Sementara, mekanisme naik-turun kameranya menggunakan motorik dan Vivo menyebutnya 32 MP Pop-Up Camera. Selama digunakan, durasi naik-turunnya terbilang cepat, sekitar 1 detik.

Selain itu, Vivo juga mempermanis mekanisme motorik kamera depan dengan suara robot, enak untuk kita dengar dan kesan futuristiknya juga muncul. Sebera kuat kamera depannya ini bisa naik-turun? Vivo mengklaim bisa menopang beban hingga 15 Kg dan naik-turun hingga 50 ribu kali.

Sama seperti kamera belakang, Vivo juga melengkapi 32 MP Pop-Up Camera dengan teknologi AI, terutama AI Beauty. Selain itu, fitur yang disediakan juga banyak dan bisa dibilang, inilah yang paling lengkap yang pernah DroidLime coba. Termasuk ada HDR, AR Sticker dan Portrait Light Effect.

Baca juga

Terakhir, buat kalian yang tertarik membeli Vivo V15 ke daftar belanja, pre-ordernya sudah ditawarkan mulai tanggal 5 hingga 11 Maret 2019. Nah! Buat harganya, Vivo V15 dibanderol seharga Rp4.399.000 dan sudah bisa ditemukan di toko online atau pun offline yang bermitra dengan Vivo.

Comments

Populer