Hands-on Sony Xperia Z5 Premium

Ada tiga smartphone flagship Sony yang dirilis di akhir tahun ini. Mulai dari yang paling kecil, Xperia Z5 Compact yang sudah kami review lebih dulu, ada Xperia Z5, serta ada pula Xperia Z5 Premium. Meski sama-sama mengusung nama Xperia Z5, ketiganya ternyata punya feel yang berbeda, khususnya Xperia Z5 Premium.

Premium dengan warna era milenium

IMG_3311

Xperia Z5 dan Z5 Compact punya back cover berbahan kaca yang buram (frosted glass), tidak lagi dapat memantulkan benda di hadapannya. Tapi khusus Xperia Z5 Premium, Sony membiarkan bagian tersebut dapat memantulkan benda, dibalut dengan pilihan warna perak dan emas yang terang dan mencolok mata.

Jika ada yang bilang Sony Xperia Z5 Premium berbeda dibanding Xperia Z3+, kami berpendapat bentuk keduanya masih serupa. Perbedaan utamanya terletak pada tombol power yang kini tak lagi berbentuk bulat. Tombol power Xperia Z5 Premium berbentuk lonjong, sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Bongsor dengan layar 4K?

IMG_3331

Selain dibanderol paling mahal dibanding Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact, dimensi layar milik Xperia Z5 Premium juga paling besar, 5,5 inci. Biasanya dimensi layar Xperia Z series hanya 5,2 inci, termasuk pada Sony Xperia Z5. Selain lebih besar, resolusi layar Xperia Z5 Premium diklaim mencapai 4K, praktis jadi yang tertinggi saat ini. Benarkah?

Saat kami coba, layarnya memiliki resolusi native 1.920 x 1.080 piksel saja. Tampilannya memang tajam layaknya smartphone full HD atau bahkan QHD pada umumnya. Sedangkan resolusi 4K baru bisa dinikmati dan aktif secara otomatis ketika Anda menggunakannya untuk menonton konten video yang juga memiliki resolusi 4K.

Layar 4K, merekam 4K

IMG_3320

Modul kamera milik Sony Xperia Z5 Premium tergolong kecil, namun beresolusi besar mencapai 23 MP dengan sensor IMX230 dan kemampuan auto-focus rata-rata 0,03 detik. Dibanding smartphone flagship lainnya, kamera Z5 Premium andal untuk merekam video hingga resolusi 4K. Merekam video bisa dilakukan dengan smooth dengan perpindahan fokus objek yang juga smooth berkat fitur Intelligent Steady-shot dari Sony.

Flagship anti air dengan dual-SIM card

IMG_3307

Jika Anda mencari smartphone kencang dengan dukungan dua slot SIM card, pilihannya cukup banyak, salah satunya adalah Sony Xperia Z5 Premium. Kedua slot yang dimilikinya sudah mendukung jaringan 4G. Ada pula slot microSD dengan kapasitas hingga 200 GB.

Sony Xperia Z5 Premium juga punya sertifikasi IP68 tahan air dan debu. Namun Sony mengubah kebijakannya dalam menyikapi fitur anti air ini. Pasalnya jika smartphone ini mengalami kerusakan ketika dengan sengaja dibawa menyelam atau memotret underwater, bisa jadi perlindungan garansinya akan hangus. Untuk mengetahui lebih detail mengenai kemampuan tahan air serta performa keseluruhannya, kami sedang menyiapkan review-nya dalam beberapa hari ke depan.

(last edit: 20 November, 2015 / 10:47 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
10%
Biasa Aja
8%
Payah!
11%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.