Connect with us
UX370-JOE
Hands-on

Hands-on Samsung Galaxy Tab A (2017)

Droidlime.com,

/

taba01

Akhirnya, setelah begitu lamanya kami tidak mengulas perangkat tablet, sekarang kami punya satu tablet Android baru yang menarik untuk dibahas. Ya, tidak seperti smartphone, line-up perangkat tablet memang jauh lebih sedikit karena hanya sedikit produsen yang masih mau menciptakan tablet.

Mendukung 4G

taba02

Nah kalau bicara tablet, Samsung termasuk produsen yang masih setia dan rajin rilis perangkat baru. Di Indonesia sendiri Samsung belum lama merilis Galaxy Tab A. Dan karena ini adalah versi yang paling baru, jadi disebutnya New Galaxy Tab A.

New Samsung Galaxy Tab A ini diposisikan untuk pasar mid-end, bisa terlihat dari harganya yang bisa dibilang masih terjangkau. Sebelum membahas lebih detail mengenai perangkatnya, mari kita ulas dulu isi dalam boks penjualannya.

taba03

Ukuran kotaknya kurang lebih sama seperti ukuran tabletnya. Begitu dibuka, akan langsung terlihat perangkatnya diposisi paling atas. Tabletnya sendiri berwarna hitam. Selain tablet, di dalam boksnya Samsung juga menyediakan buku manual, kartu garansi, kabel data USB, charger, dan juga ada SIM ejector.

Kehadiran SIM ejector ini sekaligus jadi penanda kalau New Galaxy Tab A memang punya slot SIM card yang juga sudah mendukung jaringan 4G. Selain slot SIM, ada juga slot microSD dedicated sampai dengan kapasitas 256 GB.

Tablet Rp3 jutaan

taba06

Lanjut untuk first impression kami pas pertama memegang tablet ini terasa nyaman di tangan karena ukuran layarnya 8 inci, yang artinya tergolong pas. Bobotnya juga tidak berat, yaitu 365 gram. Padahal bodinya ini terbuat dari aluminium. Dan tebalnya juga hanya 8,9 mm.

Untuk bagian depannya tak beda jauh dari tablet kebanyakan. Di jidatnya ada kamera depan 5 MP, sementara di dagunya ada tombol fisik Home tanpa fingerprint, plus dua soft button back dan Recent Apps. Lalu di bagian bawah ada port USB Type C.

Beralih ke bagian belakang, desainnya juga masih tetap kelihatan simpel karena cuma ada logo Samsung, kamera utama 8 MP dengan aperture f/1.9 berbentuk persegi, dan juga LED flash.

taba05

Sesuai dengan target market-nya, Samsung membekali New Galaxy Tab A dengan chipset quad-core yang lagi jadi favorit dan banyak dipakai sekarang ini, yaitu Snapdragon 425 1,4 GHz yang dibantu RAM 2 GB dan storage 16 GB. Sementara buat kapasitas baterainya lumayan, 5.000 mAh yang diklaim bisa tahan sampai 14 jam nonton video atau dengerin musik offline.

Dan untuk layarnya sendiri, seperti yang sudah disebutkan diawal, dimensinya 8 inci dengan rasio 16:10. Panelnya bukan berjenis AMOLED seperti biasanya, tapi masih TFT dan resolusinya HD 1.280 x 800 piksel.

taba07

Di Galaxy Tab A ini Samsung memadukan user interface khas ciptaannya dengan OS Android berbasis Nougat 7.1. Setelah kami intip, di UI ini ternyata juga ada fitur pendukung khas Samsung seperti Game Launcher, Kids Mode, Ultra Data Saving, dan Ultra Power Saving.

Untuk Anda yang tertarik ingin meminangnya, Samsung memasarkannya secara eksklusif bekerjasama dengan e-commerce JD.id. Penjualan perdananya sudah dimulai sejak 12 Januari lalu dengan harga Rp3.499.000.

Video hands-on

Advertisement
Comments
Hands-on

Hands-on Vivo V9 Cool Blue

Published

on

Vivo V9 Blue Cool 3
Tidak lama setelah merilis V9 di pelataran Candi Borobudur akhir Maret kemarin, kini Vivo me-refresh smartphone buatannya tersebut. Seri yang diperkenalkan tentunya masih sama-sama V9, namun punya perbedaan pada warnanya. Kalau sebelumnya Vivo V9 hadir dalam pilihan warna Black dan Gold, sekarang varian barunya tampil lebih mencolok dengan balutan warna biru. Vivo menyebutnya Cool Blue. Warna Cool Blue dinamis Sebenarnya kehadiran V9 dengan pilihan warna baru ini sudah menjadi tradisi. Pasalnya Vivo juga melakukan hal yang sama ketika merilis V5 dan V7 series tahun lalu. Kedua seri smartphone tersebut punya edisi terbatas dengan warna atau corak menarik. Pada V9, Vivo...
Continue Reading
Hands-on

Hands-on Nokia 7 Plus

Published

on

7plus droidlime 03
Nokia kembali meneruskan agresivitasnya. Lewat ajang Mobile World Congress 2018 Februari kemarin, Nokia memperkenalkan lima smartphone baru. Salah satu yang paling menarik sudah tiba di meja redaksi kami. Android One yang mahal Smartphone yang sedang kita bahas ini adalah Nokia 7 Plus. Smartphone ini masuk dalam jajaran Android One. Tapi sayangnya harganya sama sekali tidak murah, sekitar US$500 atau Rp6,5 juta. Sebenarnya kami sendiri juga agak bingung mengapa Nokia 7 Plus bisa masuk keluarga Android One yang biasanya harganya terjangkau. Nah sedangkan si Nokia 7 Plus ini bukanlah smartphone murah. Malah kalau kita bicara desain, Nokia 7 Plus adalah smartphone...
Continue Reading
Hands-on

Hands-on Huawei P20 Pro

Published

on

p20pro droidlime 06
P20 Pro sukses membuat kejutan. Jagoan baru dari Huawei ini dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark. Skornya juga nggak tanggung-tanggung, tembus 109 poin. Kami yakin, Anda sama penasarannya seperti kami. Karena itu nggak perlu lama-lama, mari kita ulas sekarang. Monster kamera Lewat jajaran keluarga P20, Huawei resmi meninggalkan ciri khas smartphone P series yang punya kamera horizontal yang ditempatkan dalam frame hitam. Kali ini P20 series, termasuk P20 Pro datang dengan konfigurasi kamera vertikal. Di P20 Pro, kameranya malah ada tiga. Dua kamera ditempatkan dalam satu bagian yang menonjol dan memanjang ke bawah. Konfigurasinya yakni lensa telephoto 8...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer