Connect with us
ZF5
Hands-on

Hands-on Samsung Galaxy Tab A (2017)

Droidlime.com,

/

Akhirnya, setelah begitu lamanya kami tidak mengulas perangkat tablet, sekarang kami punya satu tablet Android baru yang menarik untuk dibahas. Ya, tidak seperti smartphone, line-up perangkat tablet memang jauh lebih sedikit karena hanya sedikit produsen yang masih mau menciptakan tablet.

Mendukung 4G

Nah kalau bicara tablet, Samsung termasuk produsen yang masih setia dan rajin rilis perangkat baru. Di Indonesia sendiri Samsung belum lama merilis Galaxy Tab A. Dan karena ini adalah versi yang paling baru, jadi disebutnya New Galaxy Tab A.

New Samsung Galaxy Tab A ini diposisikan untuk pasar mid-end, bisa terlihat dari harganya yang bisa dibilang masih terjangkau. Sebelum membahas lebih detail mengenai perangkatnya, mari kita ulas dulu isi dalam boks penjualannya.

Ukuran kotaknya kurang lebih sama seperti ukuran tabletnya. Begitu dibuka, akan langsung terlihat perangkatnya diposisi paling atas. Tabletnya sendiri berwarna hitam. Selain tablet, di dalam boksnya Samsung juga menyediakan buku manual, kartu garansi, kabel data USB, charger, dan juga ada SIM ejector.

Kehadiran SIM ejector ini sekaligus jadi penanda kalau New Galaxy Tab A memang punya slot SIM card yang juga sudah mendukung jaringan 4G. Selain slot SIM, ada juga slot microSD dedicated sampai dengan kapasitas 256 GB.

Tablet Rp3 jutaan

Lanjut untuk first impression kami pas pertama memegang tablet ini terasa nyaman di tangan karena ukuran layarnya 8 inci, yang artinya tergolong pas. Bobotnya juga tidak berat, yaitu 365 gram. Padahal bodinya ini terbuat dari aluminium. Dan tebalnya juga hanya 8,9 mm.

Untuk bagian depannya tak beda jauh dari tablet kebanyakan. Di jidatnya ada kamera depan 5 MP, sementara di dagunya ada tombol fisik Home tanpa fingerprint, plus dua soft button back dan Recent Apps. Lalu di bagian bawah ada port USB Type C.

Beralih ke bagian belakang, desainnya juga masih tetap kelihatan simpel karena cuma ada logo Samsung, kamera utama 8 MP dengan aperture f/1.9 berbentuk persegi, dan juga LED flash.

Sesuai dengan target market-nya, Samsung membekali New Galaxy Tab A dengan chipset quad-core yang lagi jadi favorit dan banyak dipakai sekarang ini, yaitu Snapdragon 425 1,4 GHz yang dibantu RAM 2 GB dan storage 16 GB. Sementara buat kapasitas baterainya lumayan, 5.000 mAh yang diklaim bisa tahan sampai 14 jam nonton video atau dengerin musik offline.

Dan untuk layarnya sendiri, seperti yang sudah disebutkan diawal, dimensinya 8 inci dengan rasio 16:10. Panelnya bukan berjenis AMOLED seperti biasanya, tapi masih TFT dan resolusinya HD 1.280 x 800 piksel.

Di Galaxy Tab A ini Samsung memadukan user interface khas ciptaannya dengan OS Android berbasis Nougat 7.1. Setelah kami intip, di UI ini ternyata juga ada fitur pendukung khas Samsung seperti Game Launcher, Kids Mode, Ultra Data Saving, dan Ultra Power Saving.

Untuk Anda yang tertarik ingin meminangnya, Samsung memasarkannya secara eksklusif bekerjasama dengan e-commerce JD.id. Penjualan perdananya sudah dimulai sejak 12 Januari lalu dengan harga Rp3.499.000.

Video hands-on

Advertisement
Comments

Wajib baca

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.