Connect with us
ROG GL504
Hands-on

Hands-on OPPO A83

Published
a83droidlime04
Advertisement

Saat ini, OPPO sepertinya sudah selesai tuntas merilis semua varian F5-nya di Indonesia. Dan sekarang setelah F5, giliran OPPO A83 yang bakal dijual resmi. Smartphone ini dibanderol lebih terjangkau, tapi masih membawa DNA OPPO F5.

Boks khas OPPO

f5droidlime01

Kalau kita lihat, boks atau kemasan dari OPPO A83 persis seperti smartphone OPPO lainnya. Warna dasarnya putih, ada gambar dan tipe smartphone-nya di depan, plus highlight spesifikasi unggulannnya di belakang.

Ketika dibuka, isi di dalamnya ternyata juga sama seperti biasanya. Paling atas ada smartphone-nya, lalu ada SIM ejector, buku manual, ada casing mika transparan, charger, kabel data, dan terakhir earphone.

Sekarang kita lanjut bahas smartphone-nya. Unit yang kami punya adalah varian warna gold. Waktu pertama kali pegang, kami merasa bobotnya tidak terlalu berat. Salah satu penyebabnya karena material bodinya yang terbuat dari plastik.

a83droidlime01

Tapi kalau kita lihat, OPPO sukses bikin bodinya ini seolah kelihatan seperti metal. Finishing-nya rapi banget sama sekali tidak kelihatan plastik. Di bodi belakangnya ini juga terkesan polos, hanya ada logo OPPO dan satu modul kamera.

Balik ke depan, OPPO A83 punya layar 5,7 inci HD+ dengan rasio 18:9, persis seperti F5. Juga sudah terpasang antigores. Di bagian jidatnya ada kamera depan yang dilengkapi AI Beautification. Sedangkan di dagunya polos tanpa tombol.

Face unlock cepat

a83droidlime02

So, dimana sensor fingerprint-nya? Ternyata tidak ada. OPPO sangat percaya diri mengganti sensor fingerprint dengan face unlock. Karena penasaran, akhirnya kami sempat tes kecepatan dan akurasinya. Dan ternyata memang sangat cepat serta akurat.

Sejauh yang kami coba sih, face unlock-nya nyaris sempurna untuk penggunaan outdoor. Tapi untuk penggunaan indoor khususnya dikondisi minim cahaya, kami bakal melakukan pengujian lebih lanjut lagi nanti.

Soal interface atau port-nya, OPPO A83 punya dua slot SIM dan satu slot microSD dedicated yang ada di sisi samping kanan. Di bagian bawah ada grill speaker mono, port microUSB, dan jack audio.

a83droidlime03

Di Indonesia, OPPO A83 bakal dijual Rp3 juta. Dengan banderol tersebut, kita bakal dapet spek inti yang mirip F5. Yaitu chipset Helio P23 2,5 GHz dan GPU Mali-G71. Untuk kapasitas RAM, storage, dan batrenya masing-masing 3 GB, 32 GB, dan 3.180 mAh.

Sedangkan untuk sektor kameranya tentunya ada di bawah F5, yaitu kamera depan 8 MP f/2.2 lengkap dengan AI Beautification dan kamera utama 13 MP f/2.2.

OPPO membungkus smartphone barunya ini dengan balutan Color OS 3.2 berbasis Android 7.1. Beberapa fitur unggulan yang ada di OPPO F5 ternyata juga tersedia di A83. Seperti fitur Game Acceleration dan opsi untuk ganti sistem navigasi.

Kita bisa ilih mau pakai tiga on-screen button seperti biasa atau pakai sistem gesture yang agak-agak mirip iPhone X. Soal ketersediaannya, OPPO A83 sudah bisa dibeli mulai bulan Februari ini di JD.id dengan pilihan warna gold atau black.

Video hands-on

Comments

Wajib baca

Populer