Hands-on Nut mini Tracker

Di zaman modern, melacak lokasi orang maupun benda bisa dilakukan dengan mudah memanfaatkan GPS. Bahkan, alat untuk membantu melacak tersebut sudah tersedia secara massal saat ini. Salah satunya adalah Nut mini Tracker ciptaan Michael Tian.

Ia memulai startup untuk memproduksi Nut mini Tracker lalu mempromosikan dan memasarkannya melalui website penggalang dana Kickstarter. Pada bulan Juli 2015, Nut mini Tracker sudah mulai didistribusi secara luas untuk mereka yang sudah melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Mendukung iOS dan Android

nut-mini-tracker-03

Nut mini Tracker memiliki dimensi mungil, seukuran setengah ibu jari orang dewasa. Tracker ini sudah dibekali speaker monophonic dan modul Bluetooth. Di dalamnya juga terdapat baterai jam tangan universal untuk membuatnya dapat terus menyala (standby).

Menghubungkannya dengan smartphone bisa dilakukan dengan mudah menggunakan koneksi Bluetooth. Setelah proses pairing selesai, Anda hanya perlu meng-install aplikasi "Nut" di Google Play atau App Store dengan ukuran sekitar 6 MB.

Karena bekerja dengan koneksi Bluetooth, maka jarak yang bisa dijangkau tak lebih dari sepuluh meter. Sinyal Bluetooth juga sangat mungkin terganggu ketika tracker disimpan di tempat yang terhalang tembok atau tertumpuk benda-benda lainnya.

Efektif untuk mencari dompet atau kunci

nut-mini-tracker-02

Anda yang sering lupa menyimpan dompet atau kunci pasti senang dengan keberadaan Nut mini Tracker. Dengan bentuk pipih, Nut mini Tracker dapat digunakan di berbagai benda, contohnya seperti kunci, dompet, atau tas. Jika lupa menyimpan benda-benda tadi, Anda tinggal membuka aplikasi "Nut" dan memanggil tracker.

Dalam hitungan kurang dari lima detik, Nut mini Tracker akan berbunyi disertai lampu LED yang dapat berkedip berwarna merah. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah dalam mencari benda-benda yang sering terselip atau hilang. Tentu saja, tracker ini tidak bisa mencari barang hilang dengan posisi di atas sepuluh meter atau pun yang tersimpan di dalam lemari karena suara speaker yang dimilikinya tak terlalu lantang.

Selain itu, aplikasi Nut yang ter-install di smartphone bisa memberikan alert untuk menginformasikan pada Anda apabila Nut mini Tracker terpisah cukup jauh dari smartphone. Logikanya, ketika Anda menyimpan Nut mini Tracker di dompet lalu Anda pergi keluar rumah dan lupa membawa dompet, maka Anda dapat segera mengetahuinya melalui aplikasi Nut yang ter-install di smartphone.

Harga dan ketersediaan

nut-mini-tracker-04

Meski sudah tersedia secara luas, Nut mini Tracker nyatanya hanya dijual oleh orang-orang tertentu saja. Mendapatkannya pun jadi tidak mudah. Jika teliti, Anda bisa membelinya dari e-commerce yang ada di Indonesia dengan harga antara Rp150 hingga Rp200 ribu. Jika tidak mau membeli, Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma karena tracker mungil ini adalah gift yang bakal Anda dapat ketika membeli Lenovo A2010, Lenovo A6000, atau Lenovo A6000 Plus.

(last edit: 4 January, 2016 / 2:22 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
40%
Mau
31%
Biasa Aja
6%
Payah!
23%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.