Connect with us
ROG GL504
meizum6s 04 meizum6s 04 560x600
Hands-on

Hands-on Meizu M6s

Published
Vivo V11 Pro

Kurang lebih sama seperti kebanyakan produsen lain, Meizu mengawali taun baru 2018 dengan merilis satu smartphone kelas menengah yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Acara peluncurannya berlangsung di Beijing, Cina, dan beruntung kami bisa jadi salah satu undangannya.

Murah dan solid

meizum6s 01

Smartphone yang baru aja diluncurkan tersebut adalah Meizu M6S yang bakal menyasar segmen kelas menengah ke bawah dengan banderol Rp2 jutaan. Jangan dulu keburu underestimate karena build quality, spek, dan fiturnya cukup menggoda.

Bicara soal desain, M6S adalah salah satu smartphone pertama Meizu dengan rasio layar 18:9. Dimensinya juga terasa lega, 5,7 inci, dan resolusinya HD+ 1.440 x 720 piksel.

Desain bodinya kurang lebih sama kayak smartphone merek China kebanyakan tapi memang harus diakui, punya build quality yang solid. Karena bodinya ini berbahan metal dan dimensi keseluruhannya mirip-mirip Galaxy S8, masih terasa compact buat smartphone 5,7 inci.

Di bagian belakang kita bisa liat ada satu kamera dengan bentuk bulat dan sedikit menonjol. Resolusinya 16 MP dengan aperture f/2.0. Sedangkan di depan, karena rasio layarnya udah 18:9, jadi tombol fisik di dagu sama sekali nggak ada, dipindah ke dalam layar.

Dan sebagian besar dari kita pasti penasaran, dimanakah letak sensor fingerprint-nya? Bukan di dagu, bukan di belakang, tapi di samping kanan. Yap, ini dia. Posisinya persis di bawah tombol power dan biar gampang diraba, jadi sengaja dikasih cekungan seperti ini. Lanjut di bagian bawah ada jack audio, port microUSB standar, dan grill speaker mono.

Unik dengan tombol mBack

meizum6s 02

Nah buat Anda yang udah pernah pakai smartphone Meizu, user interface-nya masih sama seperti biasa. UI yang dipake yaitu Flyme versi 6.3.1 berbasis Android 7.0. Tapi memang ada sedikit perbedaan atau penyesuaian karena M6S nggak punya tombol home fisik.

Perbedaan paling terasa bakal kita rasain saat pakai tombol navigasi. Meizu ngasih opsi untuk pakai tombol on-screen kayak biasa atau pakai satu tombol virtual mBack dan sistem swipe untuk buka Recent Apps.

Spek menggoda

meizum6s 03

Dari sektor hardware, CPU yang dipakai bukan buatan MediaTek atau Qualcomm, tapi Exynos, serinya 7872. CPU ini punya 6 inti core yaitu 2-core Cortex-A73 2.0 GHz dan 4-core Cortex-A53 1,6 GHz, serta terintegrasi GPU Mali-G71. Untuk kapasitas RAM-nya cuma ada pilihan 3 GB dan untuk storage pilihannya 32 atau 64 giga yang bisa di-expand microSD sampai 128 giga.

Speknya ini, khususnya buat prosesornya, kayaknya kurang lebih sekelas dengan Snapdragon 625 dengan skor AnTuTu 60 ribuan. Jadi udah bisa kebayang ya seperti apa performanya. Dan spek tersebut juga ditunjang baterai 3.000 mAh yang udah support fast charging.

Terakhir sektor kamera, masing-masing cuma ada satu kamera di depan dan belakang. Untuk selfie resolusinya 8 MP dilengkapi mode beautify auto atau advanced. Sedangkan kamera belakangnya 16 MP punya mode pro yang cukup lengkap.

Baca juga

Harga dan ketersediaan

Kalau di negara asalnya, Meizu M6S dibanderol Rp2 juta untuk versi 32 GB dan Rp2,5 juta buat versi 64 GB dan tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu biru, perak, emas, dan hitam.

Kalau nggak ada halangan, katanya sih smartphone ini bakal tersedia di Indonesia bulan Maret nanti. Sekilas dengan harga dan spek yang dibawa, Meizu M6S kayaknya cocok buat jadi lawan sepadan Xiaomi Redmi 5 atau Redmi 5 Plus.

Video hands-on

Comments

Wajib baca

Populer