Hands-on Lenovo ZUK Z1

ZUK adalah produsen smartphone baru yang ada di bawah perusahaan Lenovo. ZUK mengawali eksistensinya di industri smartphone dengan meluncurkan produk flagship Z1 dengan harga yang rasional. Secara keseluruhan, smartphone ini terlihat cukup menjanjikan.

Minimalis namun premium

handson-zuk-z1-droidlime-02

Meski ada di bawah Lenovo, ZUK Z1 jauh berbeda dari smartphone Lenovo pada umumnya. ZUK Z1 tampil minimalis dengan balutan rangka aluminium dan back cover plastik glossy berwarna putih. Bodinya menjadi satu kesatuan, tidak ada bagian yang dapat dilepas.

Memiliki layar 5,5 inci membuat ZUK Z1 lebih nyaman digunakan dengan dua tangan. Smartphone ini memiliki LED notifikasi dengan warna yang bisa diganti-ganti. Ada pula tombol fisik berupa tombol home (memiliki fungsi fingerprint) di bagian dagunya yang dikelilingi dua soft button, menu dan back.

handson-zuk-z1-droidlime-03

Yang menarik dari ZUK Z1 adalah port USB di bagian bawah yang merupakan versi terbaru, USB Type-C. ZUK Z1 sendiri adalah smartphone pertama yang sudah mengusung port USB model baru ini. Praktis untuk mengisi baterai dan memindahkan data ke komputer membutuhkan kabel USB Type-C khusus.

Kamera sederhana, tanpa slot microSD

handson-zuk-z1-droidlime-05

Mengusung desain unibody membuat ZUK memilih untuk menempatkan dua slot SIM card pada sisi samping Z1. Slot tersebut dapat dibuka dengan cara ditusuk layaknya iPhone. Sayang, ZUK tidak menyertakan slot microSD. Hal ini mungkin disebabkan kapasitas storage internalnya yang sudah kelewat besar.

Di sisi belakang, ZUK menempatkan modul kamera beresolusi 13 MP yang bentuknya tidak menonjol. Modul kamera berbentuk bulat tersebut ditunjang dengan dual-LED flash tepat di bawahnya. Aplikasi kamera pada ZUK Z1 menggunakan aplikasi kamera bawaan Cyanogen dengan interface yang mudah digunakan.

Mirip seperti OnePlus One

handson-zuk-z1-droidlime-04

ZUK bermitra dengan Cyanogen dalam menciptakan Z1. Hasilnya dapat dirasakan melalui OS Cyanogenmod 12.1 yang digunakannya. OS ini dikenal memiliki kustomisasi dan fitur yang menarik. Menjelajah user interface milik ZUK Z1 mengingatkan kami akan OnePlus One yang juga menggunakan OS Cyanogen.

Cyanogenmod 12.1 pada ZUK Z1 berjalan dengan basis sistem operasi Android 5.1. Deretan ikon aplikasi pada halaman app drawer dapat Anda atur dengan sistem scroll horizontal maupun vertikal. Selain UI, spesifikasi yang diusung ZUK Z1 juga mirip dengan OnePlus One, seperti CPU 4-core Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, dan storage 64 GB. Secepat apa performanya? Kami akan membeberkannya dalam artikel review dalam beberapa hari ke depan.

(last edit: 9 November, 2015 / 1:14 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
60%
Mau
16%
Biasa Aja
18%
Payah!
5%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.