Connect with us
ZFLive
Hands-on

Hands-on Huawei Nova 2 Lite

Published

on

Smartphone yang akan kita bahas kali ini harusnya sudah tidak asing di telinga kita. Ya, ini adalah Huawei Nova 2 Lite yang merupakan adik dari Nova 2i. Dan smartphone ini baru saja masuk resmi ke Indonesia.

Untuk entry-level

Huawei Nova 2 Lite bisa dibilang adalah versi terjangkau dari Nova 2i. Ukuran layarnya sama-sama 6 inci dengan FullView display yang punya rasio 18:9. Dengan begitu, ukuran bodi keseluruhannya tidak terlalu beda jauh.

Hanya saja memang bobot Nova 2i sedikit lebih enteng. Hal ini dikarenakan material bodinya yang menggunakan kombinasi metal dan plastik. Tapi meskipun begitu, rangka bodinya yang terbuat dari metal sukses menimbulkan feel yang kokoh.

Kalau diperhatikan dari depan, Nova 2 Lite sekilas memang sangat mirip Nova 2i. Huawei lebih milih menyematkan logo mereka sendiri di bagian dagu ketimbang tombol-tombol. Sementara tombol navigasi ditempatkan di dalam layar.

Huawei Nova 2 Lite punya LED notifikasi di samping kiri kamera depannya. Jack audio 3,5mm juga masih ada, posisinya di bawah, bersebelahan dengan port micro USB. Dan buat kalian yang biasa pakai dua SIM bersamaan dengan microSD, di smartphone ini disediakan tiga slot sekaligus.

Dual-camera 13 MP + 2 MP

Punya bagian depan yang mirip, tapi bagian belakang Nova 2 Lite ternyata tidak terlalu mirip Nova 2i. Yang paling membuatnya beda adalah posisi dual-camera-nya yang horizontal, bukan vertikal. Selain kamera, kita juga bisa melihat ada sensor fingerprint dan logo Huawei.

Penggunaan dual-camera sendiri sebenarnya bukan lagi hal baru buat Huawei karena sudah banyak smartphone buatannya yang pakai dua kamera sekaligus. Bahkan buat smartphone entry-level seperti Nova 2 Lite ini.

Konfigurasi kamera yang dipakai yaitu lensa utama 13 MP yang sebelah kanan dan lensa sekunder 2 MP yang kiri. Karena resolusi kamera sekundernya ini kecil, jadi sudah bisa dipastikan kalau fungsinya adalah untuk membantu bikin efek bokeh.

Yap, persis Nova 2i, kita juga bisa motret bokeh di Nova 2 Lite. Caranya yaitu pakai mode Wide Aperture. Begitu diaktifkan, kita bisa emmilih angka bukaannya, yaitu dari 1 sampai 7. Tapi untuk mode-mode kamera lainnya yang disediakan ternyata tidak sebanyak seperti biasanya.

Kalau kamera depannya, resolusinya 8 MP ditunjang mode portrait dan beauty buat memaksimalkan hasil jepretannya. Biar lebih seru, Huawei juga menyediakan fitur AR Lens. Jadi foto-foto selfie yang kita bikin kelihatan lebih fun dan seru. Selain buat ber-selfie, kamera depan Huawei Nova 2 Lite juga bisa dipakai buat unlock smartphone, alias Face Unlock.

Otak Snapdragon

Beralih ke sektor hardware, Huawei melakukan hal yang tidak biasa. Seperti yang kita tahu, hampir semua smartphone Huawei diotaki CPU Kirin. Tapi di Nova 2 Lite ini CPU yang dipakai adalah Snapdragon 430.

CPU tersebut ditemani GPU Adreno 505, RAM 3 GB dan juga storage 32 GB. Sedangkan kapasitas batrerainya 3.000 mAh. Huawei mengawinkan spesifikasi tadi dengan EMUI 8.0 berbasis OS Android 8.0.

Dari info yang kami dapat, Huawei bakal mulai memasarkan Nova 2 Lite secara online dari 25 April sampai 4 Mei 2018 seharga Rp2,6 juta. Harga tersebut termasuk bonus speaker JBL Flip 3 dan gift box seharga Rp1,6 juta.

Video hands-on

Advertisement
Comments
Hands-on

Hands-on LG G7 ThinQ

Published

on

Jujur waktu pertama kali melihat LG G7 di acara peluncurannya, kami agak ragu. Apakah smartphone satu ini bisa mendulang sukses? Nah sekarang kami sudah pegang langsung unitnya dan ternyata oke juga kok. Kayaknya bisa untuk jadi pesaingnya Huawei P20 Pro yang sudah rilis lebih dulu. Layar panjang 1.000 nits Dilihat dari sisi kosmetiknya, LG seperti mau main aman kali ini. Pasalnya desain G7 boleh dibilang cukup mainstream. Tapi bukan berarti tidak oke. Kami justru suka dengan desain dan juga handling-nya. Smartphone ini dibuat dari rangka aluminium serta frame kaca depan belakang. Bagian layarnya terasa panjang banget. Selain karena rasionya yang...
Continue Reading
Hands-on

Hands-on Xiaomi Black Shark

Published

on

Bukan hanya sebagai produsen smartphone, Xiaomi sudah menjelma jadi perusahaan "palugada", apa lu mau gua ada. Dari yang awalnya bikin smartphone, tablet, tas, lalu bikin perabotan rumah tangga, payung, sepeda, sampai akhirnya sekarang bikin smartphone spesial buat gaming. Memang benar-benar ajaib brand yang satu ini. Harga menantang Yap, kami paham, sudah banyak banget dari kalian yang tidak sabar request ke kami untuk mengulas Xiaomi Black Shark. Karena cukup susah dan butuh perjuangan buat mendapatkannya, akhirnya kami baru bisa mengulasnya sekarang. Di beberapa e-commerce lokal mungkin sudah ada yang pajang Xiaomi Black Shark. Kisaran harganya antara Rp11 juta sampai Rp12,5 jutaan. Kalau...
Continue Reading
Hands-on

Hands-on Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Seri Redmi Note dari Xiaomi akhirya kembali lagi. Yang hadir tauhn ini adalah generasi kelima dengan dua varian, yaitu versi biasa yang dijual di Cina dan Indonesia serta versi pro yang dijual eksklusif di India. Perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah resolusi kamera depan. Kotak merah sederhana Ya, unit Xiaomi Redmi Note 5 yang belum lama dirilis di Indonesia sama dengan yang dirilis di Cina, tidak ada embel-embel Pro. Namun Anda tidak perlu kecewa karena varian ini tak kalah menari dari Redmi Note 5 Pro yang dijual di India. Sekarang mari kita intip kotaknya lebih dulu. Boksnya hadir dengan warna...
Continue Reading

Wajib baca

Populer