Grafis PES 2016 Versi PC Lebih Jelek dari PS 4

Gembar-gembor tentang kecantikan grafis dan gameplay Pro Evolution Soccer 2016 sudah dimulai sejak dua bulan lalu. Seri PES tahun ini begitu dinanti karena diprediksi mampu kembali bersaing dengan seri game FIFA yang terasa lebih baik dalam tiga tahun terakhir.

Untuk membalikkan keadaan dan mengungguli FIFA, Konami bekerja ekstra dalam mengembangkan PES 2016. Mereka melakukan upgrade pada engine FOX yang digunakan dalam game PES 2016. Dari beberapa trailer dan cuplikan gameplay yang beredar di YouTube, hasilnya memang bisa diacungi jempol.

PES 2016 berhasil memadukan grafis realistis dengan gameplay yang tidak terlalu cepat, namun dengan pergerakan pemain yang mirip seperti aslinya. Cuaca saat pertandingan pun bisa berubah sekejap, dari gerimis menjadi hujan deras atau sebaliknya, dari hujan deras menjadi cerah.

PES 2106 juga menawarkan banyak gerakan skill baru, mulai dari menggocek, mengoper, hingga saat melakukan selebrasi untuk merayakan gol. Tak hanya itu, komentator pertandingan pun dibawakan dengan lebih hidup. Sayangnya, hal tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna Xbox One dan PS 4.

Game PES 2016 untuk PC menuai banyak kritikan. Mereka yang sudah membeli merasa dibohongi dengan grafis yang ditawarkan. Pasalnya, grafis PES 2016 versi PC terlihat tak seindah versi Xbox One atau PS 4. PES 2016 versi PC seperti hasil port dari konsol Xbox 360 atau PS 3, ada perbedaan pencahayaan hingga detail tekstur objek di dalam game dari versi PS 4. Anda bisa melihatnya melalui video perbandingan yang di-upload oleh akun Candyland di YouTube berikut ini.

(last edit: 19 September, 2015 / 11:48 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
30%
Mau
2%
Biasa Aja
9%
Payah!
59%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.