Google Umumkan Si Manis Oreo jadi Nama Android 8.0

Prediksi yang mengatakan kalau Google akan mengumumkan nama sistem operasi Android 8.0 pada 21 Agustus waktu Amerika Serikat ternyata tepat! Pengumuman yang dilakukan Google ini juga berbarengan dengan fenomena alam gerhana matahari yang terjadi di sana.

Istilah Android O yang selama ini menjadi misteri kini terkuak sudah. Ya, Google sudah mengumumkan kalau huruf O tersebut adalah Oreo. Pemilihan nama Oreo sendiri sebenarnya sudah bisa ditebak sejak awal. Apalagi sebelumnya Google juga pernah menamai OS Android dengan merek komersial KitKat.

Dan hari ini kode untuk Android Oreo akan mulai di-upload oleh para engineer Google untuk proyek Android Open Source. Versi final build-nya juga akan dibagikan di program Android Beta. Sementara dua perangkat yang bakal lebih dulu mencicipi Oreo adalah seri Nexus dan Pixel.

Google pun sudah memastikan Android Oreo akan segera tersedia untuk berbagai merek smartphone lainnya. Mulai dari Essential, General Mobile, HMD Global, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony. Ada pula merek-merek lainnya yang bakal kebagian setelahnya.

Android Oreo sendiri membawa beberapa fitur baru, seperti picture-in-picture, dots notifikasi, 60 emoji baru, layanan Google Play Protect terintegrasi, durasi booting yang lebih cepat, optimisasi konsumsi daya baterai, hingga dukungan Android Instant Apps.

(last edit: 22 August, 2017 / 8:15 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
91%
Mau
7%
Biasa Aja
0%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.