Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Google Umumkan Android Go untuk Smartphone Miskin Hardware

Droidlime.com,

/

androidgo

Google baru saja menggelar acara konferensi besar tahunannya yang bernama Google I/O 2017 di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam ajang tersebut Google memaparkan beragam hal baru dan menarik yang telah mereka kembangkan hingga saat ini yang salah satunya adalah Android Go.

Dalam Google I/O beberapa tahun sebelumnya Google meluncurkan proyek untuk menghadirkan smartphone murah dengan performa yang bagus di beberapa negara berkembang, yakni Android One. Nah, kali ini Google mengembangkan Android Go, yakni sistem operasi versi ‘lite’ atau ringan dari Android O yang dirancang khusus untuk perangkat Android terjangkau.

Sasaran hadirnya Android Go ini untuk smartphone murah dengan RAM 1 GB atau bahkan 512 MB yang biasanya hadir di negara-negara berkembang. Sementara itu, pihak Google mengatakan bahwa Android Go sendiri terinspirasi dari YouTube Go yang hanya memakan kapasitas RAM sedikit.

Pada dasarnya, sistem operasi ini diatur untuk bekerja dengan hardware yang lebih rendah serta konektivitas jaringan internet yang sangat terbatas dan memiliki paket data kecil. Penggunanya bisa mengatur data di Quick Setting sehingga dapat dengan mudah mengetahui data yang terpakai dalam browsing dan berinteraksi di internet.

Fitur Data Saver akan menjadi bawaan dari konfigurasi Android Go. Selain itu, Google berjanji semua aplikasi bawaan dalam smartphone ini bisa “Go-fly” dengan dasar yang hampir mirip dengan YouTube Go. Bisa dibilang semua aplikasi yang ter-install dalam Android Go akan memiliki model “lite” layaknya Facebook Lite, YouTube Go, hingga Twitter Lite mengingat sistem operasi ini harus ringan karena hadir pada smartphone entry-level.

Browser Google Chrome yang hadir di Android Go pun memiliki fitur Data Saver sehingga dapat hemat dalam mengonsumsi data. Sementara itu, apabila pengguna Android Go membuka Google Play Store maka akan diperlihatkan berbagai aplikasi yang hemat data agar bisa langsung di-download di smartphone. Terakhir, pihak Google mengatakan bahwa Android Go akan segera meluncur pada tahun 2018 mendatang.

Advertisement
Comments
Tech News

LG Persiapkan V40 dengan Codename Storm

Published

on

LG V40 Twitter 2
LG saat ini sedang sibuk mempersiapkan smartphone unggulan terbarunya, LG G7 ThinQ. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan oleh LG pada tanggal 2 Mei 2018 di pasar Amerika Serikat dan pada tanggal 3 Mei 2018 di pasar Korea Selatan. Bersamaan dengan kedatangan LG G7 ThinQ, kabarnya LG juga akan memperkenalkan LG ThinQ V35. Tentu saja ini sebuah kabar menarik yang akan ditawarkan oleh LG untuk penggila gadget, terutama bagi mereka yang menunggu-nunggu perangkat unggulan dari LG yang hadir di tahun ini. Namun ada satu kabar yang tak kalah menarik. Ya! Pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang juga menjadi kompetitor Samsung ini...
Continue Reading
Tech News

Xiaomi Tunda Rilis Mi 7, Ini Alasannya

Published

on

mi7
Xiaomi sedang gencar-gencarnya menelurkan smartphone baru. Baik itu untuk segmen entry-level, mid-range, hingga high-end. Di segmen tertinggi, saat ini Xiaomi hanya mengandalkan Mi Mix 2S saja yang baru dirilis sebulan lalu. Apakah hanya itu? Sebenarnya sudah jadi rahasia umum kalau Xiaomi berencana merilis flagship lain, yakni Mi 7. Bahkan tadinya Mi 7 digadang-gadang bakal jadi smartphone Android pertama yang menggunakan Snapdragon 845. Namun prediksi tersebut nyatanya meleset. Dan baru-baru ini beredar kabar kalau Xiaomi terpaksa menunda perilisan Mi 7 karena permasalahan 3D face recognition. Ya, Xiaomi berhasrat menjadi produsen smartphone pertama yang membawa sistem pendeteksi wajah 3D tersebut, layaknya iPhone...
Continue Reading
Tech News

Motorola Resmi Luncurkan Moto E5 Series, Target Pasar Kelas Pemula

Published

on

Moto E5 Series 1
Tak hanya merilis Moto G6 Series, Motorola juga meluncurkan Moto E5 Series yang ditujukan untuk pasar entry-level. Ada tiga varian Moto E5 Series yang diperkenalkan, yakni Moto E5, Moto E5 Play dan Moto E5 Plus. Lantas, seperti apa desain dan spesifikasi hardware yang disematkan? Moto E5 Plus adalah model tertinggi dari Moto E5. Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 6 inci dengan resolusi 1.440 x 720 piksel dan bodinya dibalut kaca polimer di bagian belakangnya. RAM yang ditanam ke dalam smartphone ini sebesar 3 GB dengan internal storage berkapasitas 32 GB yang masih ditambah microSD. Meskipun Moto E5 Plus terlihat...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer