Google Umumkan Android Go untuk Smartphone Miskin Hardware

Google baru saja menggelar acara konferensi besar tahunannya yang bernama Google I/O 2017 di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam ajang tersebut Google memaparkan beragam hal baru dan menarik yang telah mereka kembangkan hingga saat ini yang salah satunya adalah Android Go.

Dalam Google I/O beberapa tahun sebelumnya Google meluncurkan proyek untuk menghadirkan smartphone murah dengan performa yang bagus di beberapa negara berkembang, yakni Android One. Nah, kali ini Google mengembangkan Android Go, yakni sistem operasi versi ‘lite’ atau ringan dari Android O yang dirancang khusus untuk perangkat Android terjangkau.

Sasaran hadirnya Android Go ini untuk smartphone murah dengan RAM 1 GB atau bahkan 512 MB yang biasanya hadir di negara-negara berkembang. Sementara itu, pihak Google mengatakan bahwa Android Go sendiri terinspirasi dari YouTube Go yang hanya memakan kapasitas RAM sedikit.

Pada dasarnya, sistem operasi ini diatur untuk bekerja dengan hardware yang lebih rendah serta konektivitas jaringan internet yang sangat terbatas dan memiliki paket data kecil. Penggunanya bisa mengatur data di Quick Setting sehingga dapat dengan mudah mengetahui data yang terpakai dalam browsing dan berinteraksi di internet.

Fitur Data Saver akan menjadi bawaan dari konfigurasi Android Go. Selain itu, Google berjanji semua aplikasi bawaan dalam smartphone ini bisa “Go-fly” dengan dasar yang hampir mirip dengan YouTube Go. Bisa dibilang semua aplikasi yang ter-install dalam Android Go akan memiliki model “lite” layaknya Facebook Lite, YouTube Go, hingga Twitter Lite mengingat sistem operasi ini harus ringan karena hadir pada smartphone entry-level.

Browser Google Chrome yang hadir di Android Go pun memiliki fitur Data Saver sehingga dapat hemat dalam mengonsumsi data. Sementara itu, apabila pengguna Android Go membuka Google Play Store maka akan diperlihatkan berbagai aplikasi yang hemat data agar bisa langsung di-download di smartphone. Terakhir, pihak Google mengatakan bahwa Android Go akan segera meluncur pada tahun 2018 mendatang.

(last edit: 19 May, 2017 / 8:19 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
92%
Mau
3%
Biasa Aja
3%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.