Connect with us
MaxM2
Tech News

Google Suntikkan Dana Segar ke KaiOS, Berapa Nilainya?

Updated

Bagi sebagian pencinta gadget mungkin cukup asing jika mendengar KaiOS. Ini adalah sebuah sistem operasi mobile yang sangat sederhana yang dikembangkan oleh KaiOS Technologies. Salah satu ponsel yang sudah menjalankan sistem operasi ini adalah Nokia 8110 4G.

KaiOS sendiri dikembangkan oleh KaiOS Technologies berbasiskan Linux. Sistem operasi mobile ini memang ditujukan untuk feature phone yang memiliki kemampuan atau fitur smartphone. Nah! KaiOS belum lama ini telah mendapatak suntikan dana segar dari Google.

Disebutkan, raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat ini telah menggelontorkan uangnya senilai US$ 22 juta. Sayangnya, tak diungkap lebih jauh mengenai alasan mengapa Google tertarik untuk berinvestasi ke dalam KaiOS.

Seperti kita ketahui, Google sendiri sudah terbilang berhasil untuk menguasai sistem operasi mobile lewat Android yang dikembangkannya. Bisa jadi, lewat KaiOS, Google juga memiliki ambisi untuk menguasai sistem operasi pada perangkat feature phone.

Artinya, jika kerja sama ini berjalan mulus, tak tertutup kemungkinan sejumlah layanan yang telah lama dikembangkan oleh Google, seperti Maps, YouTube, Search, dan Google Assistant akan hadir di dalam perangkat berbasiskan KaiOS.

Baca juga

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 40 juta ponsel yang menjalankan KaiOS untuk dipasarkan. Selain Nokia 8110 4G, ada juga Alcatel One Touch Go Flip dari TCL. Besar kemungkinan akan lebih banyak lagi pabrikan ponsel di masa depan yang akan mengadopsi KaiOS. Pasalnya, ada Google di balik sistem operasi mobile tersebut.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.