Google Siapkan Tablet Bongkar Pasang Berlayar 13,8 Inci Tahun Ini

Diam-diam Google sedang menyiapkan tablet baru yang masuk dalam jajaran perangkat Project Ara. Project Ara sendiri adalah smartphone atau tablet yang dirancang eksklusif oleh Google dengan desain modular yang artinya dapat dibongkar-pasang.

Berdasarkan data dari GFXBench, tablet Project Ara punya codename A8A01. Layarnya berdimensi 13,8 inci, namun resolusinya masih full HD. Ada sedikit kontroversi dimana Google memilih untuk menggunakan prosesor Snapdragon 810 yang dikenal panas. Padahal, Qualcomm sudah merilis versi terbarunya Snapdragon 820.

tablet-project-ara

Sejatinya, perangkat tablet jarang digunakan untuk kebutuhan memotret atau merekam video. Karenanya, kamera yang diusung sama sekali tidak istimewa. GFXBench menyajikan data kamera utamanya beresolusi VGA. Lebih anehnya, kamera depannya justru punya resolusi lebih besar, 5 MP.

Setelah sempat tertunda, perangkat Project Ara pertama dari Google dipastikan akan memulai debutnya tahun ini, diperkirakan akhir 2016. Selain Project Ara, Google juga sedang bekerjasama dengan HTC untuk menciptakan dua perangkat Nexus tahun ini yang diduga adalah smartphone berlayar 5 dan 5,5 inci.

(last edit: 9 February, 2016 / 1:36 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
28%
Biasa Aja
6%
Payah!
0%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.