Google Rilis Android 8.1 Oreo

Harus diakui, Android adalah sistem operasi mobile racikan Google yang paling banyak digunakan oleh berbagai merek smartphone. Lawan terberat hanya datang dari iOS yang diciptakan oleh Apple untuk iPhone dan iPad.

Dikembangkan secara berkesinambungan, kini Android sudah memasuki versi 8 atau kita kenal dengan sebutan Oreo. Bahkan, baru-baru ini Google telah merilis Android 8.1 Oreo yang merupakan update minor dari Android 8.0 Oreo.

Sudah barang tentu, Google juga akan menyematkan sistem operasi terbarunya tersebut ke dalam jajaran perangkat buatannya, seperti Pixel 2 XL, Pixel 2, Pixel XL, Pixel, Pixel C, Nexus 6P dan Nexus 5X.

Untuk update secara OTA (Over-the-Air), Google berjanji akan menyediakannya secara bertahap. Namun, jika tak sabar untuk mengunduh sistem operasi baru tersebut, kalian bisa klik tautan berikut ini.

Dikabarkan Android 8.1 Oreo akan membawa beberapa penyempurnaan fitur dari versi sebelumnya, seperti mengurangi jejak penyimpanan aplikasi tidak aktif dan meningkatkan kemampuan penyimpanan data login berbagai aplikasi.

Tak hanya itu, pembenahan lainnya yang dilakukan oleh Google adalah pengaktifan chip pemrosesan gambar “Visual Core” khusus di Pixel 2 maupun Pixel 2 XL serta perbaikan masalah rekaman video dan reboot secara acak yang sering terjadi pada Pixel generasi kedua.

Berbicara soal data distribusi, harus diakui bahwa pengadopsian Android 8.0 Oreo memang masih kecil, yakni sekitar 0,3 persen (November 2017). Hal ini terbilang wajar karena Google juga baru memperkenalkan sistem operasi ini pada pertengahan bulan Agustus 2017 lalu.

(last edit: 7 December, 2017 / 10:58 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
59%
Mau
23%
Biasa Aja
8%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.