Connect with us
ZF5
Tech News

Google Resmi Akuisisi HTC Senilai US$1,1 Miliar

Droidlime.com,

/

Siapa yang tak kenal HTC? Pabrikan smartphone asal Taiwan ini dikenal jago menciptakan perangkat dengan desain yang sedap dipandang mata. Namun entah mengapa, beberapa tahun belakang ini nama HTC sedikit meredup di industri smartphone global.

Dan kabar yang cukup mengejutkan datang diawal tahun ini. Dikabarkan, divisi desain smartphone HTC akhirnya diakuisisi oleh Google. Raksasa teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat tersebut mencapai kesepakatan untuk menggelontorkan uang senilai US$1,1 miliar.

Bahkan, kesepakatan akuisisi tersebut disampaikan langsung oleh Rick Osterloh selaku Senior Vice President of Hardware di Google lewat blog miliknya. Ia menyebutkan bahwa Google siap menyambut kedatangan tim HTC yang sangat berbakat untuk mengerjakan produk yang lebih baik.

Lebih jauh, Osterloh juga mengatakan bahwa tim yang datang tak hanya berbakat menciptakan produk yang lebih baik, tetapi juga terbilang inovatif untuk menciptakan lebih banyak produk ditahun-tahun mendatang bersama Google.

Lantas, berapa orang yang nantinya akan bergabung ke Google terkait dengan akuisisi ini? Tak main-main, kesepakatan ini melibatkan lebih dari 2.000 engineer HTC yang akan beralih ke Google. Namun, mereka semua tetap bekerja di Taiwan.

Osterloh juga mencatat, bahwa Taiwan akan menjadi pusat rekayasa terbesar yang dimiliki oleh Google di kawasan Asia Pasifik. Sementara, informasi dari sumber yang mengetahui proses akuisisi ini, manufaktur dan divisi virtual reality milik HTC tidak masuk dalam kesepakatan.

Jelas, kesepakatan akuisisi ini merupakan langkah serius dari Google untuk fokus pada pengembangan perangkat keras, terutama pengembangan smartphone Pixel kedepannya. Akuisisi ini juga menjadikan Google kini memiliki tim R&D yang lebih besar.

Jika berbicara di industri smartphone, Google memang “pemain kecil”. Namun, usaha mereka merilis Pixel yang langsung ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke atas, setidaknya patut diantisipasi oleh Samsung dan Apple.

Bahkan, Osterloh pernah berseloroh saat diwawancarai oleh Bloomberg bahwa produsen smartphone Android seharusnya sudah mengerti mengapa Google melakukan ini. Salah satunya adalah untuk melawan dominasi Apple yang sukses di beberapa negara maju.

Baca juga

Sementara kita juga mengetahui bahwa lini Pixel yang sudah muncul di pasaran belum menjadi¬† perangkat “mainstream” di tangan para pencinta gadget. Bisa jadi, kesepakatan dengan HTC adalah cara terbaik bagi Google untuk melakukan hal itu.

Advertisement
Comments

Wajib baca

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.