Google Rahasiakan Sertifikat IP53 pada Google Pixel, Kok Bisa?

Now Reading
Google Rahasiakan Sertifikat IP53 pada Google Pixel, Kok Bisa?

Di tengah pertarungan smartphone flagship Samsung dan Apple, terselip nama Google yang belum lama ini memperkenalkan Google Pixel dan Pixel XL. Soal spesifikasi, keduanya tidak usah diragukan lagi. Selain spesifikasi, ada satu keunggulan Google Pixel yang tidak diungkap, yaitu sertifikat IP53.

Google seakan merahasiakan hal ini dan tidak membahasnya sama sekali pada saat perkenalan Google Pixel dan Pixel XL. Sertifikat IP53 ini belakangan dikonfirmasi memang ada pada Google Pixel dan Pixel XL. Hal ini diungkap oleh Droid-life.

Pertanyaannya, mengapa Google merahasiakannya saat memperkenalkan duo Pixel? Jawabannya tentu hanya Google sendiri yang tahu. Namun kita juga bisa memperkirakan alasannya, yang mengarah pada rasa tidak percaya diri Google untuk menyebutkan sertifikat IP53.

Pasalnya sertifikasi IP53 yang diusung Pixel dan Pixel XL jelas kalah kelas dibanding sertifikasi IP68 pada Samsung Galaxy Note 7 dan IP67 pada iPhone 7. Jadi, daripada harus mengakui kekalahan dalam hal sertifikasi IP ini, Google lebih memilih untuk tidak mengumumkannya sama sekali.

Baca juga: Ini Dia Dua Smartphone Jagoan Google: Pixel dan Pixel XL

Sertifikat IP53 sendiri adalah kemampuan tahan debu dan air versi basic. Dalam hal ini smartphone kemungkinan besar tidak akan rusak ketika terkena tumpahan air dalam jumlah yang wajar. Namun jika sampai terendam, bisa jadi smartphone tidak akan tertolong dan mengalami kerusakan.

Baca Juga Review
  •  
    Review ASUS UX360UA: Kencang dan Multifungsi
  •  
    Review Huawei Mate 9: Smartphone Monster
  •  
    Review Moto Z: Modular, Tipis, dan Ajaib
  •  
    Review Elephone S7: Mirip Galaxy S7 edge
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
19%
Mau
8%
Biasa Aja
14%
Payah!
58%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan Huawei P9. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response