Connect with us
MaxM2
Tech News

Google Rahasiakan Sertifikat IP53 pada Google Pixel, Kok Bisa?

Updated

Di tengah pertarungan smartphone flagship Samsung dan Apple, terselip nama Google yang belum lama ini memperkenalkan Google Pixel dan Pixel XL. Soal spesifikasi, keduanya tidak usah diragukan lagi. Selain spesifikasi, ada satu keunggulan Google Pixel yang tidak diungkap, yaitu sertifikat IP53.

Google seakan merahasiakan hal ini dan tidak membahasnya sama sekali pada saat perkenalan Google Pixel dan Pixel XL. Sertifikat IP53 ini belakangan dikonfirmasi memang ada pada Google Pixel dan Pixel XL. Hal ini diungkap oleh Droid-life.

Pertanyaannya, mengapa Google merahasiakannya saat memperkenalkan duo Pixel? Jawabannya tentu hanya Google sendiri yang tahu. Namun kita juga bisa memperkirakan alasannya, yang mengarah pada rasa tidak percaya diri Google untuk menyebutkan sertifikat IP53.

Pasalnya sertifikasi IP53 yang diusung Pixel dan Pixel XL jelas kalah kelas dibanding sertifikasi IP68 pada Samsung Galaxy Note 7 dan IP67 pada iPhone 7. Jadi, daripada harus mengakui kekalahan dalam hal sertifikasi IP ini, Google lebih memilih untuk tidak mengumumkannya sama sekali.

Sertifikat IP53 sendiri adalah kemampuan tahan debu dan air versi basic. Dalam hal ini smartphone kemungkinan besar tidak akan rusak ketika terkena tumpahan air dalam jumlah yang wajar. Namun jika sampai terendam, bisa jadi smartphone tidak akan tertolong dan mengalami kerusakan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.