Google Pixel 2 jadi Smartphone Pertama yang Usung Snapdragon 836

Tahun 2016 silam Google menghentikan proyek Nexus dan menggantinya dengan proyek pengembangan smartphone baru yang diberi nama Google Pixel untuk segmen high end. Karenanya, Google berani mengemas smartphone ini dengan spesifikasi hardware yang mumpuni.

Bahkan, Google Pixel generasi pertama berhasil dinobatkan menjadi smartphone dengan kamera terbaik pada saat itu oleh DxOMark. Melanjutkan kesuksesan tersebut, Google kini memiliki rencana untuk meluncurkan Pixel generasi kedua.

Tak berbeda dengan generasi pertama, Google juga tetap menyematkan spesifikasi hardware yang terbilang menarik. Kabarnya, Google akan mengemas Pixel 2 dengan chipset Snapdragon 836. Ya! Inilah smartphone pertama di dunia yang digadang-gadang akan mengadopsi chipset terbaru buatan Qualcomm tersebut.

Bisa dibilang chipset ini memiliki CPU dan GPU yang sama dengan Snapdragon 835, namun dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi. Awalnya Snapdragon 836 akan hadir perdana pada Galaxy Note 8, namun entah mengapa Samsung batal menggunakan chipset tersebut.

Tak sedikit juga yang berharap chipset terbaru racikan Qualcomm tersebut bisa dimuat ke dalam Mi Note 3 dan Mi MIX 2 yang dikembangkan oleh Xiaomi. Dugaan lainnya, jika Xiaomi akan meluncurkan Mi 6s, bisa jadi Snapdragon 836 jadi pilihannya.

Produsen smartphone lainnya yang kabarnya bakal mengadopsi chipset Snapdragon 836 adalah OnePlus. Hal ini mengingat OnePlus yang begitu ngotot menghadirkan OnePlus 3T yang dipersenjatai dengan Snapdragon 821 hadir enam bulan setelah peluncuran OnePlus 3 yang menggunakan Snapdragon 820.

Tak hanya Snapdragon 836 yang kabarnya akan menempel di sejumlah smartphone flagship yang hadir dipertengahan kedua tahun 2017, Qualcomm juga digosipkan sedang merancang chipset terbaru lainnya, yakni Snapdragon 840 dan Snapdragon 845. Namun belum diketahui smartphone apa yang bakal menggunakannya.

(last edit: 24 July, 2017 / 12:29 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
58%
Mau
35%
Biasa Aja
6%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.