Google Luncurkan SDK Play Services 8.1 dengan API Terbaru

Bagi Anda yang bekerja sebagai developer software khususnya Android, Google kembali merilis Play Services versi terbarunya, yaitu 8.1. Pada versi 8.1, Google melengkapi Play Services dengan beberapa API terbaru untuk pengembangan aplikasi yang lebih canggih.

Pada dasarnya, perilisan Play Services 8.1 bertujuan untuk mendukung permission model yang akan diusung oleh Android 6.0 Marshmallow yang akan hadir sebentar lagi. Hal ini penting agar para developer dapat mengontrol permission model pada device yang akan digunakan pada aplikasi buatan mereka.

Beberapa permisison model yang akan hadir antara lain App Invites yang berguna untuk mengundang teman di Google Contacs untuk mencoba sebuah aplikasi, Ambient Mode Maps agar Google Maps dapat menampilkan mode hemat energi dengan low-color rendering, Nearby Status Listener yang membantu untuk membuat simple interaction dengan device terdekat, dan Play Games Player Status API untuk membantu developer membuat game yang lebih baik.

Selain itu, terdapat juga fitur Breaking Changes, dimana sangat berguna pembuatan aplikasi. Anda dapat melihat changelog lebih lengkap di sini. Saat ini Google Play Services 8.1 SDK telah tersedia di Android SDK Manager. Anda dapat langsung mendownloadnya untuk meningkatkan fitur aplikasi buatan Anda.

(last edit: 25 September, 2015 / 10:09 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
0%
Mau
0%
Biasa Aja
100%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian

Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.