Google Luncurkan Play Protect untuk Lindungi Perangkat Android

Google Play Protect merupakan solusi dari Google untuk melindungi perangkat Anda dari malware dan ancaman lainnya. Sebelumnya, para beta tester telah mencicipi terlebih dahulu fitur baru Google satu ini. Saat ini pun Google perlahan sudah mendistribusikan pada para pengguna Android.

Google Play Protect sebenarnya adalah aplikasi anti-malware yang secara rutin memantau kinerja smartphone. Tidak hanya melakukan scan aplikasi yang terdapat di Google Play Store saja, namun service terbaru dari Google ini juga mampu melakukan scan aplikasi yang ada di smartphone.

Cara kerja Google Play Protect adalah membandingkan kebiasaan suatu aplikasi di smartphone Anda dengan smartphone lainnya. Apabila ada sesuatu yang tidak normal, Anda akan mendapat peringatan dan saran untuk menghapus aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan scan-on-demand pada Tab Play Protect di Play Store.

Lebih dari 50 juta aplikasi di-scan setiap harinya oleh Google Play Protect dan aplikasi yang aman akan memiliki badge berwarna hijau sehingga aman untuk di-download. Aplikasi ini juga dapat memonitor website yang sedang dikunjungi, apakah aman atau tidak. Selain itu, fitur "Find My Devices" juga dipindahkan ke dalam Google Play Protect.

(last edit: 11 August, 2017 / 1:50 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
89%
Mau
0%
Biasa Aja
13%
Payah!
3%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.