Connect with us
ROG GL504
Tech News

Google Lens Bakal Tersedia untuk Semua Smartphone Android dan iOS

Published
Google Lens Header
Vivo V11 Pro

Jjang I/O 2017 silam menjadi saksi lahirnya tool baru Google yang disebut Google Lens. Tool satu ini dibekali kemampuan machine learning dan kecerdasan buatan yang dapat mengenali objek secara pintar langsung dari kamera smartphone Android. Dengan kata lain Google Lens memungkinkan kamera smartphone Android dapat mengenali dan mengidentifikasi objek yang tertangkap di kamera.

Google Lens sendiri telah tersedia pada smartphone Pixel tahun lalu dan sekarang telah mengikuti jejak Google Assistant yang sudah tidak lagi eksklusif lagi untuk perangkat Google. Pasalnya Google Lens akan dirilis untuk perangkat lebih luas. Google sendiri mengumumkan bahwa Lens akan tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengguna aplikasi Google Photo versi terbaru di perangkat Android dan iOS.

Google Lens ok

Menariknya, apabila Anda menggunakan perangkat flagship yang kompatibel, maka Anda bisa menggunakan Google Lens berbasis kamera langsung dari Google Assistant. Sayangnya Google belum mengumumkan nama-nama smartphone flagship yang mendukung fitur ini. Meski begitu, setidaknya Google sudah mau berbagi tool pintar ini untuk smartphone buatan produsen lain, termasuk iPhone.

Baca juga

Selain mengenali objek dari lensa kamera, Google Lens juga bisa membaca teks yangsedang diseleksi serta kemampuan untuk membuat kontak dan event dari sebuah foto hanya dengan sekali tap. Ke depannya Google bakal meningkatkan kecerdasannya, seperti mengenali hewan dan tumbuhan secara umum, sehingga bisa mengetahui nama dan jenis bunga atau anjing misalnya.

Comments

Wajib baca

Populer