Connect with us
Asus ROG
Tech News

Google Jago Bikin Smartphone Kece tapi Payah Soal Penjualan

Droidlime.com,

/

Google Pixel 2

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Google telah mengakuisisi tim pengembangan desain dari smartphone HTC. Melihat hal ini, nampaknya raksasa teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat ini lebih serius untuk menggarap smartphone. Benarkah begitu?

Seperti laporan yang dirilis oleh IDC, disebutkan bahwa Google pada tahun 2017 lalu hanya mengapalkan sebanyak 3,9 juta unit Google Pixel. Meskipun terlihat sangat kecil, namun angka tersebut sudah naik dua kali lipat dibanding pengapalan Pixel tahun sebelumnya.

IDC juga mencatat bahwa Apple berhasil mengapalkan 215,8 juta unit iPhone pada tahun 2017. Jika dihitung rata-rata dalam satu minggu, Apple menghasilkan angka 4,15 juta unit. Jelas, angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan unit Pixel yang dikapalkan oleh Google dalam satu tahun.

Google sendiri terjun ke industri smartphone bisa dibilang masih seumur jagung. Pixel pertama dirilis pada tahun 2016. Namun, kehadiran Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang diperkenalkan pada Oktober 2017 langsung mendapat sambutan positif.

Sebagai permulaan, Google hanya memasarkan Pixel di enam hingga delapan negara. Itu pun tergantung model yang ingin dipasarkannya. Melihat gerakannya seperti itu, Google pun dianggap oleh sejumlah analis pasar masih belum berniat berkompetisi secara penuh.

Sekali lagi, jika dibandingkan dengan Apple, mereka lebih berani untuk mendistribusikan iPhone X ke banyak negara. Tercatat, hingga saat ini ada 70 negara yang ikut memasarkan iPhone X. Tentu saja, dengan basis pelanggan yang lebih luas, produsen akan menjual lebih banyak perangkatnya.

Apple juga memiliki kerajaan ritel yang tidak bisa dianggap sepele oleh Google. Apple punya 499 toko di 22 negara. Toko-toko tersebut tentu saja tak hanya memberikan Apple sebuah pasukan tenaga penjualan, tetapi juga layanan purna jualnya. Jika bermasalah, cukup pergi ke Apple Store.

Inilah yang belum dimiliki oleh Google. Beberapa perangkatnya kadang muncul atau dipasarkan secara offline di toko-toko elektronik atau dijual online lewat sejumlah e-commerce. Kehadiran ritel tidak ada, begitu juga sistem pendukung lainnya.

Apple juga memiliki kesepakatan dengan semua operator besar di Amerika Serikat, menempatkan iPhone di lokasi ritel sehingga bisa menemukan penjual yang lebih banyak lagi. Sebaliknya, Verizon adalah satu-satunya operator yang menjual ponsel Google di dalam toko.

Selain angka pejualan yang relatif kecil, Google juga menemui banyak masalah terhadap Pixel pertama yang dikembangkannya. Salah satu yang cukup mengganggu konsumen, Google sering keteteran terhadap stok yang seharusnya sudah bisa diantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun, masalah distribusi pasokan sepertinya telah dibenahi oleh Google. Terbukti, Pixel 2 secara konsisten selalu tersedia di pasaran. Kini, yang perlu diantisipasi oleh Google adalah terkait dengan masalah harga jual.

Satu hal yang tidak banyak orang sadari, smartphone besutan Google harganya lebih tinggi dari iPhone. Ponsel termurah Google adalah Pixel 1 yang mendapat potongan US$100 saat Pixel 2 diperkenalkan. Smartphone tersebut dibanderol seharga US$549.

Sementara, Apple menjual smartphone-nya mulai dari US$349, yakni iPhone SE. Jelas, tak sedikit orang bersedia untuk membeli perangkat yang lebih murah. Apalagi Google ada pemain baru di industri smartphone, mungkin agak sulit untuk menyakini mereka merogoh kocek lebih dalam.

Baca juga

Memecahkan masalah yang masih ada merupakan pekerjaan rumah bagi Google yang harus segera diselesaikan di tahun ini. Hadir di banyak negara dan perbanyak toko ritel, akan menjadi awal yang baik. Begitulah jika Google tak ingin tergilas di industri smartphone.

Advertisement
Comments
MWC 2018

MediaTek Helio P60 Siap Unjuk Gigi di MWC 2018

Published

on

mediatek
MediaTek, produsen chipset untuk perangkat mobile dikabarkan sedang menggarap produk terbarunya. Jelas hal itu mereka lakukan guna mempersiapkan dirinya kembali berkompetisi di pasar chipset global. Kabarnya, model chipset terbaru yang sedang mereka garap adalah Helio P60. Bahkan, belum lama ini chipset tersebut tertangkap sedang diuji lewat Geekbench menggunakan perangkat yang diberi nama cukup menggoda, yakni MTK P60 MWC Demo. Jika melihat hasil pengujian, chipset ini ditanam ke dalam sebuah perangkat yang sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk dijual secara ritel. Perangkat tersebut memiliki RAM sebesar 4 GB dan berjalan di atas sistem operasi Android 8.1 Oreo. Sayangnya, CPU yang digunakan tidak...
Continue Reading
Tech News

Batal Rilis R13, OPPO Siapkan R15 dan R15 Plus?

Published

on

OPPO R15 Leak Hand
Minggu lalu telah muncul rumor seputar OPPO R13 dan R13 Plus, dimana kedua smartphone disiapkan untuk jadi smartphone dengan chipset Snapdragon 670 pertama di dunia. Namun informasi baru menunjukkana bahwa angka 13 dianggap sebagai angka yang tidak hoki di banyak negara, sehingga OPPO menggantinya menjadi R15 dan R15 Plus. Di jejaring sosial Weibo pun sudah beredar foto OPPO R15 yang sedang digenggam satu tangan. Terlihat smartphone ini memiliki layar penuh beserta poni di bagian atas layarnya yang menyerupai iPhone X. Tahun lalu, perusahaan asal Cina ini juga telah mengajukan paten layar penuh dengan poni di bagian atasnya. Poni ini digunakan untuk...
Continue Reading
Tech News

Muncul di TENAA, Inilah Wujud Huawei P20!

Published

on

Huawei P20 Leak TENAA
Calon smartphone jagoan Huawei P20 disebut memiliki codename Emily. Variannya diprediksi bakal ada tiga. Dua di antaranya, yakni EML-TL00 dn EML-AL00 telah muncul di situs sertifikasi TENAA. Sayangnya spesifikasi hardware dari smartphone ini belum terungkap jelas. Tapi tidak dengan desainnya. Terlihat Huawei P20 memiliki bodi berbahan logam dengan varian warna biru. Layarnya terlihat sangat lega dan kekinian. Meski begitu Huawei tetap menyematkan sensor fingerprint menyatu dengan tombol Home. Selain itu, poni ala iPhone X juga bisa ditemui pada bagian atasnya yang akan diisi oleh kamera selfie dan sensor lainnya. Pada sisi kananya terdapat tombol volume dan power yang disusun secara...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer