Google Berencana Hadirkan Fitur Pendeteksi Objek di Smartphone

Fitur pengenal wajah terdapat pada hampir semua smartphone. Namun, bagaimana dengan fitur pengenal objek? Google saat ini sedang mengerjakan sebuah project di Silicon Valley. Rencananya, Google akan melakukan riset dan pengembangan teknologi pengenal objek di smartphone karena pada saat ini fitur tersebut diolah pada data center.

Alphabet Inc., sebagai perusahaan yang berfokus pada riset ini bekerjasama dengan Movidius yang merupakan salah satu anak perusahaannya. Movidius sendiri merupakan perusahaan yang berfokus pada produksi semikonduktor. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghadirkan teknologi yang disebut sebagai “deep learning to handsets”.

Sebelumnya, Google Photos telah mendemostrasikan bagaimana cara kerja teknologi image-recognition pada sebuah foto yang di-upload dari smartphone ke data center. Pengguna smartphone dapat melakukan pencarian melalui keyword ataupun meng-upload sebuah foto untuk mencari foto lain yang juga mengandung objek tersebut. Namun kelemahannya, hal tersebut membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk proses upload-nya.

Teknologi built-in image recognition ini diharapkan dapat mengenali gambar secara realtime sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang untuk melakukan transaksi, pengenalan tanda tangan, dan masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan teknologi ini.

Untuk mengembangkan teknologi terbaru ini, Google telah memesan beberapa chip yang memiliki kode MA2450. Blaise Agϋera y Arcas selaku head of Google’s machine intelligence berharap dapat membawa teknologi yang ada di data center ini ke personal device masing-masing.

(last edit: 29 January, 2016 / 8:38 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
11%
Biasa Aja
0%
Payah!
11%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.