Browsing Makin Cepat, Google Ubah Nama AMP jadi Instant

Hingga kini Google Search masih menjadi mesin pencari terpopuler di dunia. Bayangkan saja, dalam sehari ada ratusan juta informasi yang dicari oleh pengguna lewat layanan tersebut. Oleh sebab itu, sudah sewajibnya bagi Google untuk terus meningkatkan kinerja dari mesin pencari tersebut.

Lewat Google Search, pengguna dapat menemukan informasi yang akurat. Kecepatan dan kemudahan juga menjadi hal yang diperhatikan oleh Google. Seperti kita ketahui, mayoritas orang di dunia ini lebih sering melakukan penelusuran melalui smartphone dibanding perangkat lainnya.

Untuk itulah, Google menghadirkan halaman AMP (Accelerated Mobile Pages). Sekedar informasi, AMP adalah halaman web yang responsive atau mobile friendly dengan ukuran file yang kecil. Sehingga, halaman AMP dapat diakses dengan cepat melalui perangkat smartphone.

google amp screenshoot 1

Fitur ini sendiri sebenarnya sudah rilis beberapa tahun yang lalu. Tahun ini, Google dikabarkan akan mengubah tampilan halaman AMP di hasil penelusuran. Jika, biasanya halaman AMP ditandai dengan simbol petir bertuliskan AMP, kini Google merombak tampilan tersebut.

Ya, Google akan mengganti kata “AMP” menjadi 'Instant’, serta mengubah warnanya menjadi biru terang. Sebuah akun Twitter yang bernama Jonathan Jones menyuguhkan beberapa bukti mengenai perubahan tampilan ini.

Dari informasi tersebut, terlihat warna biru pada tulisan ‘Instant’ lebih terang dibanding warna biru pada judul halaman. Pemilihan warna biru juga terlihat lebih menonjol ketimbang warna abu-abu. Selain itu, kata “Instan” juga jauh lebih komunikatif dari pada kata “AMP”.

google amp screenshoot 2 1

Untuk saat ini, kita belum dapat melihat perubahan tampilannya karena masih tahap pengujian. Namun, diperkirakan Google akan mengimplementasikan perubahan tampilan tersebut dalam waktu dekat ini.

Bagi Web Developer atau SEO Specialist pastikan halaman website kalian sudah mendukung AMP. Selain mempercepat halaman website saat dibuka melalui smartphone, sepertinya Google juga lebih memprioritaskan halaman AMP pada hasil pencarian yang berasal dari smartphone.

(last edit: 9 October, 2017 / 8:25 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
85%
Mau
2%
Biasa Aja
10%
Payah!
4%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.