Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Google akan Suntikkan Fitur Apple di iPhone ke Pixel 4

Pada tahun ini Google akan merilis Pixel generasi keempat. Terdengar cukup mengejutkan, Google memiliki rencana untuk menyematkan fitur yang dimiliki iPhone saat ini ke dalam Pixel 4. Fitur tersebut antara lain Dual SIM, Dual Standby serta Face ID.

Updated

Menurut informasi yang ditemukan di Android Open Source Project dari situs XDA Developer, tampaknya Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL akan datang dengan dukungan fungsi SIM ganda yang ditingkatkan. Seperti yang sudah kita tahu bersama, kartu SIM memungkinkan operator memverifikasi identitas pengguna.

Saat ini ada juga eSIM atau SIM tertanam, adalah chip yang ditempatkan di dalam perangkat selular yang menggantikan kartu SIM. Pixel 2 dan Pixel 3 yang dikembangkan oleh Google telah hadir dengan dukungan eSIM dan slot kartu SIM.

Namun, model Pixel 2017 dan 2018 itu adalah Dual SIM, Single Standby. Ini berarti eSIM dan slot kartu SIM tidak dapat aktif secara bersamaan. Meskipun pengguna memiliki pengaturan pada eSIM dan kartu SIM dari dua operator yang berbeda, operator yang tidak aktif tidak dapat menerima panggilan atau pesan teks.

Itu berbeda dari Dual SIM, Dual Standby yang ada pada model iPhone 2018. Dengan fitur ini, baik slot kartu SIM dan eSIM di dalam iPhone (kecuali untuk Cina, di mana iPhone memiliki baki Dual SIM) dapat aktif pada saat yang sama. Ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara, dan teks di sisi lain.

Berdasarkan Commit message yang terdapat pada halaman AOSP, seorang karyawan Google mengatakan bahwa Android Q akan mendukung Dual SIM, Dual Standby. Bahkan bisa mencapai Dual SIM, Dual Active jika perangkat dan operator saling mendukung dengan baik.

Googler tersebut juga menunjukkan bahwa Dual SIM, Dual Standby sedang diuji secara internal pada Pixel 3 sebagai persiapan untuk digunakan dengan model Pixel 4. Intinya adalah bahwa Dual SIM, Dual Standby dapat ditambahkan ke seri Pixel 2 dan Pixel 3 jika diinginkan Google.

Oleh karena itu, kita harus melihat bahwa fitur ini akan tersedia pada Pixel 4, dan kemungkinan juga untuk Pixel 3 Lite dan Pixel 3 Lite XL. Dua smartphone terakhir diharapkan juga akan muncul di tahun ini, tentunya sebelum Pixel 4 tiba.

Kembali ke Pixel 4, paten terbaru yang dimiliki oleh Google memperlihatkan bahwa smartphone ini akan dikemas dengan layar penuh, ujung ke ujung tanpa dagu dan tanpa poni. Dari ilutrasi yang kita lihat, smartphone ini masih punya pemindai sidik jari di bagian belakang.

Diperkirakan, Pixel 4 yang nantinya datang bersama Android Q juga akan mendukung “pengenalan wajah yang lebih aman”, seperti Face ID. Diduga kuat, Pixel 4 juga akan tiba dengan dukungan RAM besar, diperkirakan 6 GB atau 8 GB.

Tentu saja, dukungan Platform Mobile Snapdragon 855 menjadi kekuatan dari Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Dan pada akhirnya, Pixel 4 XL yang memiliki ukuran layar lebih besar juga akan dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar pula, yakni 4.000 mAh.

Strategy Analytics mengatakan bahwa Pixel adalah merek smartphone yang paling cepat berkembang di Amerika Serikat. Pasalnya, smartphone ini digaransi penuh oleh Google untuk mendapatkan versi Android terbaru dan sepertinya ini yang disukai oleh banyak pengguna Pixel.

Baca juga

Selain itu, smartphone ini juga datang dengan dukungan kamera yang bisa dibilang ciamik. Dan pada akhirnya, jika Google membawa spesifikasi jempolan serta mengadopsi desain bezel-less, tidak tertutup kemungkinan Pixel 4 akan membawa pertumbuhan Pixel yang lebih cepat di Amerika Serikat.

Comments

Populer