Game Super Mario Run Bakal Telat Hadir di Android, Ini Alasannya

Salah satu karakter game paling iconic dan legendaris, Mario Bros, akan segera hadir untuk platform mobile. Bulan September kemarin, Nintendo resmi mengumumkan kabar bakal munculnya Mario Bros di platform iOS. Hal itu disampaikan saat acara perkenalan iPhone 7 di Amerika Serikat.

Nintendo pun sudah menetapkan tanggal kehadiran Super Mario Run di App Store yang akan jatuh pada tanggal 15 Desember 2016. Namun kegembiraan ini nampaknya tak bisa dirasakan oleh para pengguna smartphone Android lantaran Nintendo belum memastikan kehadirannya di Google Play.

Faktor utama yang membuat Nintendo masih enggan merilisnya di Android tak lain adalah pembajakan. Ya, angka pembajakan aplikasi atau game di Android memang jauh lebih tinggi ketimbang iOS. Sebenarnya Super Mario Run bisa di-download secara gratis. Namun ada in-app purchase seharga US$9,99 jika ingin memainkannya secara full.

Selain pembajakan, faktor keamanan juga jadi alasan yang dilontarkan Nintendo. Pasalnya game satu ini mengharuskan kita untuk selalu online. Ketika selalu terhubung dengan internet, keamanan smartphone otomatis bakal lebih berisiko. Bicara keamanan, sudah pasti iOS lebih unggul ketimbang Android.

Lalu apakah itu berarti game satu ini bakal absen di platform Android? Sepertinya tidak. Sepertinya kebanyakan judul game ternama dan berbayar lainnya, biasanya mereka akan hadir lebih dulu di perangkat iOS selama beberapa waktu untuk memaksimalkan angka penjualannya dan akhirnya bakal dirilis di Android setelahnya.

(last edit: 11 December, 2016 / 9:33 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
92%
Mau
4%
Biasa Aja
4%
Payah!
12%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.