Connect with us
ROG GL504
Tech News

Samsung Galaxy S10 akan Pakai Fingerprint Under Display Ultrasonik

Published
Galaxy S10 Fingerprint UD Ultrasonik
Vivo V11 Pro

Setelah sukses merilis Galaxy S9 dan S9+, Samsung terus meramaikan pasar smartphone global dengan merilis Galaxy A6 dan A6+ yang muncul pada bulan Mei ini untuk pasar kelas menengah. Nah! Tak berhenti sampai di situ, Samsung juga kabarnya sedang mempersiapkan smartphone premium lainnya, yakni Galaxy Note9.

Disebut-sebut, Galaxy Note9 diperkirakan akan muncul lebih awal dari target semula, yakni bulan Juni atau Juli 2018. Rumor yang juga tak kalah menarik, banyak yang mengatakan bahwa smartphone ini akan datang dengan dukungan pemindai sidik jari di dalam layar (fingerprint under display).

Namun rumor itu sendiri dibantah oleh sebagian pencinta gadget yang pesimis bahwa Samsung akan memuat fingerprint di dalam layar. Justru diperkirakan, teknologi keamanan biometrik seperti itu akan diadopsi oleh Samsung untuk pertama kalinya ke dalam Galaxy S10 yang muncul pada tahun depan.

Saat ini, pembaca sidik jari di dalam layar hanya bisa bekerja dengan layar OLED dan seperti kita ketahui, Samsung adalah “raja” OLED. Namun, rumor lainnya mengatakan bahwa raksasa elektronik asal Korea Selatan ini sedang sibuk mengerjakan pembaca sidik jari di dalam layar dengan teknologi ultrasonik.

Dikatakan, salah satu keuntungan dari sensor ultrasonik adalah soal akurasi yang lebih optimal saat menangkap sidik jari dalam 3D, sementara sensor lainnya hanya 2D. Namun, pembaca sidik jari ultrasonik diperkirakan lebih sulit untuk memproduksinya dengan andal dan belum lagi soal harganya.

Baca juga

Berbicara soal teknologi pembaca sidik jari ultrasonik, Qualcomm sendiri sudah punya, namun untuk sementara waktu tidak bisa diadopsi untuk perangkat mainstream. Vivo juga pernah bereksperimen dengan solusi yang ditawarkan oleh Qualcomm, tetapi pada akhirnya mereka menggunakan punya Synaptic untuk Vivo X21 UD.

Comments

Wajib baca

Populer