Flagship Xiaomi Mi 5 Telah Tiba, Ini Dia Spesifikasi dan Fitur Andalannya

Now Reading
Flagship Xiaomi Mi 5 Telah Tiba, Ini Dia Spesifikasi dan Fitur Andalannya

Xiaomi Mi 5 sejatinya adalah sebuah smartphone yang paling ditunggu kehadirannya selain Samsung Galaxy S7 dan LG G5. Bukan hal baru bahwa varian Mi merupakan lini flagship dari perusahaan yang dipimpin oleh Hugo Barra ini. Sejak diumumkan bahwa Mi 5 akan dirilis, banyak sekali bocoran informasi yang muncul di dunia maya. Apakah memang informasi tersebut benar?

Desain Xiaomi Mi 5 terinspirasi dari Xiaomi Mi Note yang sangat popular di kalangan fans. Bentuk Xiaomi Mi 5 sekilas mirip dengan Samsung Galaxy Note5 karena memiliki desain melengkung di bagian belakang. Untuk warnanya sendiri akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan emas.

Desain yang elegan ini memiliki dimensi 69,2 x 144,5 x 7,25 mm. Memang sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi Note yang memiliki dimensi 77,6 x 155 x 7 mm. Namun, untuk urusan berat, Xiaomi Mi 5 tergolong ringan dengan bobot 129 gram yang sudah termasuk bobot 3D glass pada bagian belakang dan baterai 3.000 mAh.

Xiaomi Mi 5 memiliki ukuran layar yang tak lazim, yaitu 5,15 inci dengan panel IPS beresolusi 1.080p dan didukung dengan teknologi 16-LED backlighting. Menariknya, bezel yang dimiliki smartphone ini sangat tipis sehingga tampak seperti tak memiliki bezel. Salah satu fitur layar menarik yang dimiliki oleh Xiaomi adalah Sunlight Display Technology yang telah ditingkatkan fiturnya sehingga teknologi ini dapat mengatur contrast layar untuk setiap pikselnya.

Untuk pertama kalinya, Xiaomi memiliki tombol home fisik pada bagian bawah layar yang sekaligus berfungsi sebagai sensor fingerprint pada lini produknya. Namun, untuk fingerprint sendiri sudah lebih dulu digunakan pada lini produk lainnya seperti Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Mi 5 ternyata memiliki varian Pro yang berwarna hitam juga. Yang membedakan dari varian regularnya, adalah pemakaian material keramik dan RAM 4 GB dimana pada varian regular hanya menggunakan material kaca dan RAM 3 GB. Tidak hanya itu saja, Xiaomi M i5 akan tersedia dalam dua versi, yaitu storage 32 GB dan 64 GB.

Xiaomi-mi-5-4

Penggunaan Snapdragon 820 untuk Xiaomi Mi5 bukan lagi rahasia. Selain itu, prosesor ini juga telah memiliki fitur QuickCharge 3.0. Uniknya, untuk storage 32 GB, kecepatan prosesor tersebut berada pada 1,8 GHz, sedangkan untuk storage 64GB, kecepatan prosesornya mencapai 2,15 GHz. Storage tersebut juga mengalami peningkatan pada kecepatannya. Alih-alih menggunakan eMMC 5.0, Xiaomi menggunakan UFS 2.0 memory yang menjanjikan peningkatan kecepatan hingga 80 persen.

Xiaomi-mi-5-5

Untuk sisi konektivitas, Xiaomi Mi5 ini telah menggunakan teknologi terbaru seperti 3x carrier aggregation, penggunaan onboard 4G+ dan 4G Advanced yang dapat mendukung Cat.12 LTE kecepatan hingga 600Mbps, dukungan VoLTE, dan NFC-nya juga lebih pintar dengan card virtualization dan write mode.

Xiaomi-mi-5-6

Beralih ke sisi kamera, Xiaomi Mi 5 memiliki resolusi 16 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan 4-axis optical image stabilization. Sensor kamera yang digunakan adalah Sony IMX 298 dengan fitur phase detection auto focus dan deep trench isolation technology. Untuk kamera depannya beresolusi 4 megapiksel ultrapiksel. Dengan penggunaan Snapdragon 820, Xiaomi Mi 5 dapat mendukung pengambilan video hingga reolusi 4K. Menariknya lagi, kamera belakang smartphone ini tidaklah menonjol keluar.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
24%
Biasa Aja
0%
Payah!
2%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response