Fitur 3D Touch Milik iPhone 6s Bakal Tersedia untuk Perangkat Android

Salah satu alasan utama bagi pengguna iPhone 6 untuk melakukan upgrade ke iPhone 6s adalah fitur 3D Touch. Fitur ini sebenarnya bukan yang pertama kali digunakan oleh Apple. Namun Apple berhasil mengimplementasikannya dengan baik dan optimal pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus menjadi fitur yang sangat berguna.

Kabar baiknya, fitur 3D Touch bakal segera mampir dan bisa dirasakan pada smartphone Android. Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone untuk menekan layar dengan tingat penekanan yang berbeda untuk menjalankan fungsi yang berbeda.

Misalnya, menekan layar pelan untuk memilih menu pesan, menekannya lama untuk melihat preview dari pesan tersebut, dan menekan lebih lama lagi untuk masuk ke dalam pesan tersebut dan membalasnya. Dengan adanya fitur 3D Touch, menggunakan smartphone bisa semakin praktis dan mudah.

Pada smartphone Android, teknologi 3D Touch yang akan digunakan bernama ClearForce yang diciptakan oleh Synaptics dan bakal tersedia tahun depan. Selain bisa menekan layar dengan variasi tingkat penekanan yang berbeda, nantinya pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan zoom dan menggeser layar saat melihat foto, membuka lockscreen, hingga melakukan scroll saat browsing.

(last edit: 7 October, 2015 / 1:44 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
14%
Biasa Aja
7%
Payah!
29%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.