Connect with us
Tech News

Face Unlock Huawei Mate 20 Pro Gampang Dikibuli?

Diuji oleh dua orang non kembar berkebangsaan Jerman, sistem face unlock 3D yang dimiliki Huawei Mate 20 Pro ternyata mudah dibohongi. Lho, kok bisa?

Updated

iPhone X adalah smartphone pencetus teknologi face recognition. Apple menaruh sejumlah sensor di poni iPhone X yang mereka sebut dengan Face ID. Pada intinya, Face ID adalah sistem pengenalan wajah berbasis 3D.

Kebanyakan smartphone Android saat ini pun juga sudah mengadopsi face recognition untuk keperluan membuka kunci smartphone. Hanya saja mayoritas menggunakan sistem face recognition 2D yang secara logika lebih mudah dibobol ketimbang sistem 3D.

Nah, baru-baru ini Huawei Mate 20 Pro hadir menjadi salah satu smartphone flagship Android yang sudah menggunakan face recognition 3D, tidak seperti Huawei P20 Pro. Namun nyatanya sistem face recognition 3D yang ada di Mate 20 Pro tersebut mudah dibohongi.

Dua orang pria berkebangsaan Jerman sudah menjajalnya. Salah satu dari mereka sudah menyimpan data wajahnya di Mate 20 Pro yang dimilikinya. Namun ternyata pria yang satunya juga bisa membuka kunci smartphone menggunakan wajahnya. Padahal kedua pria tersebut bukanlah orang kembar.

Pada dasarnya, sistem face recognition 3D memiliki tingkat akurasi dan keamanan yang sangat tinggi. Kemungkinan bisa ditembus atau dibohongi hanya satu kali dalam satu juta percobaan. Bahkan dalam kasus yang dijumpai kedua pria Jerman ini, penampilan mereka cukup berbeda. Dimana pria satu menggunakan kacamata, pria satunya lagi tidak berkacamata.

Baca juga

Saat ini belum ada tanggapan dari pihak Huawei terkait hal ini. Semoga saja hal ini bisa segera diperbaiki melalui update software, bukan benar-benar kelemahan yang berasal dari hardware. Jika penasaran, Anda bisa melihat videonya melalui link berikut ini.

Sumber: Android Pit
Comments

Populer