Exynos 8895 dan GPU Mali-G71 Bakal Otaki Samsung Galaxy S8?

Adanya masalah pada Samsung Galaxy Note 7  tampaknya membuat Samsung ingin segera meluncurkan smartphone barunya, Samsung Galaxy S8. Informasi mengenai Samsung Galaxy S8 juga didapat melalui bocornya informasi dari ekesekutif Samsung yang menjual informasinya ke kompetitor. Karena itu pula, si eksekutif tersebut sudah dilaporkan ke yang berwajib.

Generasi kedelapan Galaxy S series ini akan menggunakan prosesor dengan chipset Exynos fabrikasi 10nm. Fabrikasi 10nm memang sudah terlebih dahulu diperkenalkan oleh MediaTek melalui prosesor deca-core-nya. Namun, untuk chipset Exynos ini belum diketahui berapa core dan speed yang akan diusungnya.

Menurut informasi dari SamMobile, Chipset Exynos yang menggunakan fabrikasi 10nm adalah Exynos 8895 dengan GPU Mali-G71. GPU terbaru ini memiliki konsumsi energi 20 persen lebih efisien dengan performa lebih tinggi 40 persen dibandingkan dengan Mali-T880. Selain itu, Mali-G71 juga telah mendukung Vulcan Graphics API seperti pada iPhone 6s dan iPhone 7.

Jika memang benar Samsung Galaxy S8 menggunakan Exynos 8895 dan Mali-G71, maka Samsung Galaxy S8 akan menjadi smartpone pertama Samsung yang mungkin menggunakan layar 4K serta dilengkapi dengan fitur Daydream-ready. Selain itu berdasarkan GFXBenchmark, chipset ini juga lebih baik dibanding Snapdragon 830 dan GPU Adreno di dalamnya.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
10%
Biasa Aja
5%
Payah!
10%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.