Connect with us
MaxM2
Tech News

Eksekutif Huawei Sebut RAM 6 GB di Smartphone Mubazir

Updated

Dahulu orang membayangkan bagaimana jika perangkat smartphone dihadirkan dengan RAM sekelas PC. Namun kini, semua itu bukan angan-angan belaka. Faktanya, di pasar sudah banyak beredar smartphone dengan RAM sebesar mencapai 4 GB. Bahkan, persaingan antara produsen smartphone kini sudah memasuki pada tahap persaingan smartphone dengan RAM 6 GB dan 8 GB.

Vivo menjadi yang pertama menghadirkan smartphone Xplay 5 Elite yang telah didukung RAM sebesar 6 GB. Menyusul kemudian produsen smartphone lainnya seperti Samsung, OnePlus, dan Xiaomi. Namun pertanyaan yang paling mendasar apakah memang kita benar-benar membutuhkan RAM sebesar itu pada smartphone yang kita miliki?Seorang eksekutif Huawei menyatakan itu tidak perlu.

Seperti dikutip dari Gizmochina, seorang eksekutif Huawei bernama Lao Shi, melalui akun Weibo-nya (@HW Lao Shi) mengungkapkan pendapatnya mengenai smartphone dengan RAM besar. Menurutnya, RAM 4 GB sudah sangat mencukupi bagi smartphone untuk bisa berjalan dengan lancar.

Ia menambahkan, dari serangkaian tes yang dilakukan menunjukkan smartphone Huawei dengan RAM 4 GB (dipasangkan dengan Kirin 960) tampil lebih baik dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan RAM 6 GB. Kuncinya sebenarnya ada pada optimalisasi sistem operasi dan ia mengutip contoh iOS yang tidak memerlukan RAM besar untuk berjalan lancar.

Lao Shi sendiri tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa smartphone dengan RAM 6 GB itu buruk. Bahkan Huawei sendiri memiliki smartphone dengan RAM 6 GB. Namun ia meyakini bahwa hal itu tidak diperlukan. Dengan membeli smartphone 6 GB, konsumen dianggap membayar sesuatu yang sebetulnya tidak begitu diperlukan untuk saat ini. Bagaimana menurut Anda?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.