/ Samsung

DxOMark Nilai Kamera Galaxy Note 8 Mampu Saingi iPhone 8 Plus

Beberapa waktu lalu, DxOMark telah menobatkan iPhone 8 Plus sebagai smartphone yang memiliki dukungan kamera terbaik di dunia. Mereka pun berani untuk memberikan skor total tertinggi, yakni 94 poin.

Satu hal yang menarik, pengujian dan penilaian kamera utama yang terpasang pada iPhone 8 Plus ini berdasarkan pada protokol terbaru yang dibuat oleh DxOMark. Dan tentu saja, hasil pengujian tersebut membuat Apple bisa tersenyum gembira.

Namun, senyum kegembiraan Apple tak bisa bertahan lama. Pasalnya, DxOMark baru saja merilis laporan pengujian terbarunya terhadap satu perangkat flagship racikan Samsung, yakni Galaxy Note 8.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh DxOMark, kamera utama Galaxy Note 8 juga mampu meraih skor dengan total 94 poin. Jelas, hasilnya sama dengan penilaian yang diraih oleh Apple. Meskipun begitu, kamera kedua smartphone ini memiliki keunggulan yang berbeda.

Kamera yang terpasang pada Galaxy Note 8 berhasil mendapatkan skor 100 poin dalam uji pengambilan foto dan 84 poin dalam uji pengambilan video. Sedangkan iPhone 8 Plus berhasil mendapatkan skor 96 poin dalam uji pengambilan foto dan 89 poin dalam uji pengambilan video.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa Galaxy Note 8 unggul dalam pengambilan foto. Sedangkan iPhone 8 Plus unggul dalam pengambilan video. Tentu saja, tak sedikit aspek yang diuji saat pengambilan foto maupun video dalam pengujian yang dilakukan oleh DxOMark.

Beberapa aspek pengujian tersebut antara lain berdasarkan pada Exposure & Contrast, Color, Autofocus, Texture, Noise, Artifacts, Flash, Zoom, Bokeh, dan Stabilization. Namun, DxOMark dalam pengujian ini tetap mengukuhkan kamera terbaik tetap dipegang oleh iPhone 8 Plus.

Hal ini cukup beralasan karena skor pengambilan foto dan video smartphone karya Tim Cook Cs tersebut lebih seimbang dibandingkan dengan Galaxy Note 8. Namun, DxOMark juga memuji beberapa kemampuan yang bisa diperlihatkan oleh smartphone buatan Samsung tersebut.

Tercatat, kamera yang terpasang pada Galaxy Note 8 bisa melakukan zoom hingga 4x, noise yang rendah ketika mengambil foto dalam keadaan low light, autofocus yang cepat dan akurat, serta menghasilkan gambar detail yang bagus dalam kondisi cahaya terang dan di dalam ruangan.

Sanjungan lainnya yang diberikan oleh DxOMark terhadap Galaxy Note 8 ini adalah kemampuannya untuk merekam dengan stabil, memiliki white balance serta color rendering yang lebih bagus.

Samsung Galaxy Note 8 Foto Kubah

Samsung Galaxy Note 8 Bokeh Effect

Seperti kita ketahui bersama, Samsung Galaxy Note 8 telah dibekali dengan dukungan dual-camera yang memiliki kombinasi 12 MP lensa wide-angle plus aperture f/1.7 dan 12 MP lensa telephoto dengan aperture f/2.4.

Selain kemampuan melakukan 2x Optical Zoom, dual-camera utamanya juga dapat menghasilkan foto bokeh dengan mudah berkat hadirnya fitur Live Focus. Selain itu, PDAF, OIS, dan kemampuan perekaman video 4K 30fps juga turut dihadirkan oleh Samsung ke dalam Galaxy Note 8.

(last edit: 5 October, 2017 / 10:34 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
99%
Mau
5%
Biasa Aja
3%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.