/ Apple

Duo iPad Pro Layar Jumbo Meluncur Dibekali Teknologi Terkini

Tadi malam (05/06) secara resmi Apple meluncurkan dua tablet jumbonya, yakni iPad Pro 10.5 dan iPad Pro 12.9 di ajang WWDC 2017. Kedua tablet ini menggunakan desain unibody terbaru, juga dengan pembaruan Retina Display. Sementara itu, keduanya juga sama-sama memiliki layar dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya.

Panel baru Apple True Tone memberikan performa tinggi dengan fitur wide color gamut, pantulan ultralow, tingkat kecerahan 600 nits, serta dukungan HDR. Bisa dibilang tablet ini telah dirancang untuk kebutuhan multimedia terkini. Namun hal paling penting terdapat pada pembaruan refresh rate yang mencapai 120 Hz pada layarnya.

Respon layarnya memiliki latensi 20 milidetik saat menggunakan Apple Pencil sehingga akurasinya jadi yang terbaik. Selain itu, panelnya mendukung beberapa variabel refresh rate sehingga penggunanya dapat menikmati gerakan yang lancar ketika dibutuhkan dan akan menghemat energi ketika penggunanya sedang melihat konten yang bergerak lambat atau statis.

ipad pro new

Berkat hal ini, Apple mengklaim bahwa iPad Pro terbaru bisa bertahan selama sepuluh jam. Sementara itu, baterainya juga didukung dengan fast charging yang membuat daya baterai dapat diisi dengan waktu yang relatif cepat. Di samping transfer daya yang cepat, port USB 3.0 juga memfasilitasi transfer data yang sangat cepat.

iPad Pro 10.5 dan iPad Pro 12.9 ditenagai dengan chipset Apple A10X Fusion dengan enam inti CPU dan 12 inti GPU. Apple mengatakan bahwa chipset terbaru ini memiliki performa CPU 30 persen dan GPU 40 persen lebih baik dibandingkan chipset generasi sebelumnya. Kamera yang dimiliki kedua iPad Pro yakni kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.8 ditambah qual-LED true tone flash.

Sedangkan kamera depannya mengusung FaceTime HD dengan resolusi 7 MP, aperture f/2.2, dan Retina Flash yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie maupun video call dengan sangat baik. Sementara itu, iOS 11 menghadirkan beberapa fitur baru menarik untuk iPad baru, seperti drag and drop dan multi-windows untuk aplikasi yang dapat diposisikan secara bebas pada tampilan antarmuka.

Bahkan dalam sistem operasi terbaru ini, Apple menanjikan sebuah aplikasi bernama Files yang berfungsi sebagai manajemen file yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengatur berbagai file atau dokumen yang ada di dalamnya. Nantinya kedua iPad Pro ini akan memiliki model WiFi dan WiFi+cellular. Untuk harga iPad Pro 10.5 akan dimulai dari US$649 atau sekitar Rp8,6 jutaan dan harga iPad Pro 12.9 dimulai dari US$799 atau sekitar Rp10,6 jutaan.

(last edit: 6 June, 2017 / 1:37 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
3%
Biasa Aja
19%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.