Connect with us
ROG GL504
Tech News

Dua Smartphone Ini Jadi yang Pertama Kebagian Android 9 Pie

Published
android p
Advertisement

Google secara resmi telah memberi nama sistem operasi mobile terbarunya, Android P yang kini bisa dipanggil Android 9 Pie. Lewat situs blogger resminya, Android Developers, Google mengungkapkan bahwa butuh satu tahun mereka mengembangkan sistem operasi ini.

Selama perjalanannya, Google juga telah melakukan serangkaian pengujian yang bertujuan agar sistem operasi ini jauh dari masalah alias bug. Kini, Android 9 Pie siap untuk diluncurkan dan dinikmati oleh sejumlah pabrikan smartphone.

Disebutkan, Android 9 Pie tak lepas dari pemanfaatan machine learning agar sistem operasi mobile ini bisa bekerja optimal di smartphone. Lebih dari dari itu, smartphone yang mengadopsi sistem operasi ini pun akan lebih cerdas, dan bisa disesuaikan dengan penggunanya.

Oleh karena itu, Google juga menyematkan cukup banyak fitur terbaru ke dalam Android 9 Pie yang mampu meningkatkan aplikasi yang ada. Membangun pengalaman baru untuk mendorong keterlibatan pengguna juga menjadi cara Google untuk meramu sistem operasi ini lebih baik.

Lebih dari 140 ribu masukkan yang diterima oleh Google guna membangun Android P versi preview melalui Program Android Beta yang digelar. Dan setidaknya ada tujuh mitra pembuat perangkat yang dilibatkan oleh Google dalam pengembangan sistem operasi ini.

Kini, source code sudah didorong ke Android Open Source Project (AOSP), dan memulai peluncuran Android 9 Pie ke semua pengguna Google Pixel di seluruh dunia. Untuk hadir lebih banyak lagi di smartphone lainnya, Android 9 Pie dijanjikan akan didistribusikan dalam waktu dekat.

Baca juga

Selain Pixel, Essential PH-1 juga sudah kebagian OS baru ini. Google juga menjanjikan akan terus memajukan Android sebagai platform terbuka bagi para pengembang apliaksi di seluruh dunia. Diharapkan, dengan hadirnya Android 9 Pie, pengembang aplikasi dan game di seluruh dunia bisa lebih bergairah.

Comments

Wajib baca

Populer