Diperkenalkan Akhir 2017, Snapdragon 845 Gunakan Teknologi Proses 10nm

Tak hanya di smartphone, persaingan di industri chipset mobile juga terbilang sengit. Seperti kita ketahui bersama, Qualcomm dan MediaTek adalah dua perusahaan yang getol menelurkan seri chipset baru.

Belakangan ini, beberapa produsen smartphone pun juga semakin getol untuk berkompetisi di industri tersebut. Samsung terus berupaya untuk memproduksi Exynos yang dikembangkannya. Ada juga Huawei yang turut memperlihatkan inovasinya pada Kirin terbaru.

Kabar terakhir, tak mau kalah gesit dengan para pesaingnnya, Qualcom pun sedang menggarap Snapdragon 845. Masuk chipset kelas atas, sudah dipastikan Snapdragon 845 bakal disematkan ke dalam jajaran smartphone flagship yang meluncur pada tahun depan.

Beberapa rumor sebelumnya menyebutkan, Qualcomm akan memproduksi chipset tersebut dengan teknologi proses 7nm. Namun, berdasarkan informasi terbaru, chipset ini akan dirilis pada akhir tahun 2017 dengan teknologi proses 10nm.

Sebelumnya, Qualcomm sendiri telah sukses meramu Snapdragon 835 dengan teknologi proses 10nm. Keberhasilannya dibuktikan dengan tak sedikit smartphone flagship yang hadir di tahun 2017 ini mengadopsi Snapdragon 835.

Pantas jika Qualcomm juga berharap hal yang sama terhadap Snapdragon 845. Tentu saja, Samsung Galaxy S9, LG G7, dan Xiaomi Mi 7 adalah tiga dari sekian banyak smartphone flagship di tahun 2018 yang diharapkan menggunakan Snapdragon 845 sebagai otak utamanya.

Snapdragon 845 juga dikabarkan akan hadir dengan inti Kyro terbaru serta GPU Adreno yang telah disempurnakan dan bisa dioptimalisasi untuk AR, VR, maupun XR. Sayangnya, Qualcomm belum mau terbuka, apakah nantinya Snapdragon 845 ini juga bakal dibekali dengan teknologi AI.

Seperti kita ketahui bersama, Apple selaku pengembang chipset A11 Bionic telah menanam kemampuan neural engine processing. Inovasi tersebutdapat menangani algoritma machine learning pada iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Tak ketinggalan, Huawei yang belum lama memproduksi Kirin 970 juga menyematkan teknologi Neural Processing Unit (NPU) ke dalam chipset tersebut. Hasil dari teknologi kecerdaasan buatan tersebut bisa kalian temukan pada Mate 10 dan Mate 10 Pro.

 

(last edit: 27 October, 2017 / 11:04 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
76%
Mau
4%
Biasa Aja
5%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.