Connect with us
ZFLive
Tech News

Dijual Mulai Rp13 Juta, Berapa Harga Modal Produksi iPhone X?

Droidlime.com,

/

Setiap kali muncul, iPhone generasi terbaru selalu saja diburu banyak orang. Padahal harganya tidak pernah murah. Termasuk iPhone X yang dinobatkan sebagai iPhone edisi spesial. Smartphone satu ini dibanderol mulai US$999 (Rp13 jutaan). Ya, ini adalah iPhone termahal yang pernah dibuat Apple.

Dengan begitu tingginya harga yang dipatok, kita tentunya penasaran, sebenarnya berapa sih biaya atau modal yang diperlukan Apple untuk membuat satu unit iPhone X. Menurut salah satu sumber di Cina, biaya untuk memproduksi satu iPhone X ditaksir sekitar US$412 (Rp5,5 juta).

Layar OLED berdimensi 5,8 inci buatan Samsung adalah komponen yang paling mahal, yakni sekitar US$80 (Rp1 juta). Selanjutnya storage berjenis NAND flash buatan Toshiba jadi yang termahal kedua dengan harga US$45 (Rp600 ribu) untuk kapasitas 256 GB.

Lalu komponen termahal berikutnya adalah RAM berkapasitas 3 GB yang ditaksir bernilai US$24 (Rp325 ribu). Yang cukup mengagetkan adalah harga chipset Apple A11 Bionic yang ternyata tidak terlalu mahal. Diproduksi bersama TSMC, chipset ini berharga US$26 (Rp350 ribu).

Namun harga tersebut belum termasuk chip modem dari Qualcomm. Modem buatan Qualcomm ini sebenarnya ditempel menjadi satu dengan chip Apple A11 dan harganya diperkirakan US$18 (Rp240 ribu). Yang tak kalah mahal adalah sensor 3D (untuk Face ID) senilai US$25 (Rp325 ribu).

Baca Juga

Selebihnya biaya lain yang diperlukan yakni untuk komponen-komponen penunjang lainnya serta biaya perakitan (produksi), biaya logistik, dan pastinya biaya riset. Ya, jadi bisa disimpulkan kalau modal yang dibutuhkan Apple untuk memproduksi satu unit iPhone X sekitar 60 persen dari harga jualnya.

Advertisement
Comments
Tech News

BlackBerry Ghost Hadir Pertengahan Tahun ini, Debutan di Pasar India

Published

on

Pada bulan Februari 2018 lalu tersiar kabar yang di-posting oleh Evan Blass lewat akun Twitter miliknya bahwa smartphone BlackBerry premium berbasis Android tanpa bingkai akan meluncur di India. Disebut-sebut smartphone itu akan hadir dengan nama BlackBerry Ghost. Informasi terbaru mengenai smartphone tersebut kembali diungkap oleh Evan, masih lewat cuitannya di Twitter. Disebutkan oleh Evan pemilik akun @evleaks bahwa BlackBerry Ghost akan hadir pada musim panas tahun ini atau tepatnya pertengahan tahun 2018. Adalah Optiemus Infracom yang bakal memegang lisensi merek BlackBerry di India yang bertanggung jawab merancang sekaligus memproduksi smartphone tersebut. Jadi bisa dikatakan, debutan BlackBerry Ghost akan berawal dari...
Continue Reading
Tech News

Kotak Ritel ini Ungkap Sebagian Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Mi 8

Published

on

Seperti kita ketahui, pada tanggal 31 Mei 2018 nanti Xiaomi bakal menggelar sebuah acara. Disebut-sebut, dalam acara itu Xiaomi akan memperkenalkan Mi 8 yang hadir sebagai "kado istimewa" dalam rangka ulang tahun Xiaomi ke-8. Menariknya belum juga diluncurkan, bocoran smartphone ini sudah ramai di jagat maya. Bocoran terbaru yang tak kalah menarik adalah munculnya foto-foto kotak ritel Mi 8. Memiliki balutan warna hitam, kotak ritel ini sepertinya terlihat lebih besar dari kebanyakan kota ritel smartphone Xiaomi lainnya. Tak hanya itu, lewat kotak ritel itu pun kita bisa melihat sebagian spesifikasi hardware dari Mi 8. Ya! Smartphone ini akan datang dengan...
Continue Reading
Tech News

Dongkrak Kinerja, Motorola akan Hadirkan Moto G6 Plus dengan Otak Snapdragon 660

Published

on

Belum lama ini Motorola telah merilis Moto G6 Series. Salah satu seri Moto G6 yang diperkenalkan adalah Moto G6 Plus. Otak yang ditanam ke dalam smartphone ini adalah Snapdragon 630 Octa-core dengan clock speed 2,2 GHz. Melihat chipset yang dibenamkan, pantas jika G6 Plus diposisikan sebagai smartphone kelas menengah. Namun, baru-baru ini beredar sebuah bocoran yang menyebutkan bahwa Motorola akan mendongkrak kinerja Moto G6 Plus dengan membenamkan chipset Snapdragon 660. Seperti kita ketahui, chipset ini begitu populer dan sudah bercokol di sejumlah smartphone yang lebih dulu beredar di pasaran, seperti Vivo X21 dan OPPO R15. Memiliki performa yang terbilang sangat...
Continue Reading

Wajib baca

Populer