Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Didepan 1.000 Engineer, LINE Bicara Teknologi AI dan Fintech

LINE belum lama ini sukses menggelar LINE Developer Day 2018 di Tokyo. Mereka pun bicara terbuka mengenai teknologi AI dan fintech yang akan terus dikembangkan.

Updated

LINE pada tanggal 21 November 2018 lalu sukses menggelar LINE Developer Day 2018. Digelar di Happo-en, Tokyo, LINE kali ini menyoroti perkembangan teknis yang sudah dijalankan selama beberapa tahun ke belakang, rencana perusahaan di masa depan, dan sejumlah topik menarik lainnya.

Bisa dibilang, Line Developer adalah acara tahunan yang digelar oleh LINE dan tahun ini tema yang diangkat adalah “Next LINE”. Tak kurang ada 60 sesi yang ditawarkan kepada peserta yang hadir dalam LINE Developer 2018 ini.

Pada ajang ini, lebih dari 1.000 engineers yang berasal dari dalam dan luar negeri Jepang turut meramaikan. Mereka juga memperlajari tentang upaya LINE dalam mengembangkan bidang-bidang teknologi baru dan visi dari LINE untuk masa depan.

 

Ada dua istilah kunci yang ditekankan oleh CTO Park Eui-vin pada sesi pembukaan Line Developer 2018, yakni Connect dan Mutually Beneficial Ecosystem. Sebagai tambahan, pada sesi pembukaan ini ia juga menekankan upaya LINE dalam mengembangkan AI dan blockchain.

LINE juga mengumumkan Clova AI Tech Demo. Ini adalah sebuah situs yang memperkenalkan teknologi AI dari LINE, seperti OCR dan NLU. Pada sesi Chatbot Engine, para pembicara menjelaskan cara mengintegrasikan teknologi NLU untuk teks dan antarmuka suara.

Pada sesi ini juga dijelaskan bagaimana OCR bisa mengenali sejumlah karakter di dalam gambar, kemudian mengopi dan menyalin, serta menerjemahkan teks tersebut. Saat ini baru tersedia di LINE versi desktop.

Setelah 2019, LINE akan mengembangkan bisnis B2B dengan menyediakan teknologi AI dan lebih banyak lagi teknologi lain kepada para pengembang dan pebisnis pihak luar. Proyek besar lain yang menjadi sorotan adalah ekosistem token digital dari LINE dan jaringan blockchain bernama LINK Chain.

Untuk mengembangkan ekosistem miliknya, LINE dijadwalkan membuka LINK Chain untuk para partner dan pengembang luar setelah musim semi 2019. Hal ini memungkinkan partner dan pengembang luar dari LINE untuk menyediakan aplikasi yang terdesentralisasi (dApps) di dalam platform LINK Chain.

Baca juga

Di industri fintech, LINE pada tahun ini telah menghadirkan BITBOX, LINE Insurance, LINE Smart Investment, dan LINE Household Account. Layanan lainnya adalah LINE Wallet, My Card dan yang terbaru dikembangkan adalah LINE Pay for ID Payment.

Comments

Populer