Connect with us
ROG GL504
Tech News

Diam-diam Xiaomi Redmi Note 5 Pro Bakal Support Project Treble

Published
Xiaomi Redmi Note 5 Pro All Four
Vivo V11 Pro

Bersamaan dengan peluncuran Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia, Xiaomi juga meluncurkan Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro di India. Dari keduanya, Redmi Note 5 Pro yang lebih menarik karena tercatat sebagai smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 636. Smartphone ini juga punya konfigurasi dual-camera.

Bisa dibilang chipset Snapdragon efisien dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga. Sementara dua kamera utama yang dihadirkan pada Redmi Note 5 Pro bisa menghasilkan menghasilkan foto bokeh secara instan berkat kombinasi lensa 12 MP + 5 MP yang disertai LED flash.

Menariknya, diduga kuat kalau Redmi Note 5 Pro sudah mendukung Porject Treble dari Google. Anggota forum XDA Developers dengan akun @FunkyHuawei menemukan firmware dengan codename whyred. Setelah ditelusuri, smartphone tersebut tak lain adalah Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro Whyred

Firmware tersebut merupakan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang belum dirilis, namun codename Redmi Note 5 Pro tercantum di dalamnya. File firmware Android 8.1 Oreo ini memilki SDK version 27 dan release build 8.1.0 dengan security patch bulan Januari. Namun hal yang paling menarik, pada baris kode “ro.treble.enabled” diatur “true” pada build.prop.

Hal ini memperlihatkan bahwa Redmi Note 5 Pro akan mendukung Project Treble dari Google. Meskipun hingga saat ini belum dapat diuji secara langsung, namun cara terbaik untuk mengonfirmasi fitur ini dengan melakukan flash Generic System Image (GSI) di dalamnya dan melihat apakah bisa melakukan booting.

Sayangnya belum ada yang tahu kapan Xiaomi Redmi Note 5 Pro akan benar-benar menerima pembaruan untuk sistem operasi Oreo. Banyak yang berspekulasi bahwa smartphone ini belum menggunakan Android Oreo karena MIUI resmi berbasis Oreo masih dikembangkan oleh pihak Xiaomi. Sebagian lainnya berpendapat bahwa update Android Oreo akan hadir setalah Xiaomi Mi MIX 2S atau Mi 7 diluncurkan.

Baca juga

Meskipun masih belum bisa terwujud, namun ini merupakan berita besar bagi pengguna Redmi Note 5 Pro. Project Treble sendiri merupakan modul baru buatan Google yang dapat memisahkan fitur bawaan dan driver (vendor implementation) yang ada di sebuah smartphone dari framework yang ada di OS Android. Hal ini memudahkan produsen smartphone untuk melakukan upgrade sistem operasi Android pada perangkat buatannya.

Comments

Wajib baca

Populer