Diam-diam, iPhone 6s Punya Kemampuan Tahan Air

Bicara tentang smartphone tahan air, sudah pasti Sony jagonya. Namun siapa sangka, smartphone yang sejatinya tidak dirancang untuk tahan air, setidaknya tidak memiliki sertifikasi tahan air, ternyata bisa melakukannya.

Adalah iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang bisa melakukannya. Keduanya bisa tetap menyala ketika diuji dimasukkan ke dalam mangkok berisi air. Pengujian ini dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Zach Straley. Mungkin hanya karena iseng saja ingin mencoba, ternyata ia mendapat hasil yang cukup mengagetkan.

Kedua iPhone terbaru tersebut dimasukkan ke dalam air dalam kondisi menyala sambil menjalankan aplikasi stopwatch. Aplikasi tersebut sekaligus untuk menghitung berapa lama waktu yang dilalui keduanya di dalam air. Pertama, Zach merendamnya dengan durasi 30 menit. Tahap kedua, ia merendamnya kembali selama 15 menit. Ia kembali merendam keduanya dengan durasi 15 menit, sehingga total keduanya berendam selama 60 menit.

Anehnya, baik iPhone 6s maupun iPhone 6s Plus masih dapat menyala dan berfungsi dengan baik setelah nyebur ke dalam mangkok. Fungsi layar, kamera, hingga port yang dimilikinya masih normal seperti biasa. Namun karena Apple sendiri tidak menyertakan sertifikasi tahan air, jangan mencoba untuk melakukannya jika tidak ingin mengambil risiko.

(last edit: 28 September, 2015 / 7:33 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
0%
Biasa Aja
4%
Payah!
17%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.