/ OnePlus

Detail Konfigurasi Dual-camera OnePlus 5 Terungkap

Tak lama lagi OnePlus 5 resmi meluncur. Sebelumnya, sudah banyak beredar bocoran mengenai smartphone ini. Tak hanya spesifikasi hardware yang dibenamkan, tetapi juga desain serta beragam fitur yang disematkan. Terakhir adalah wujud OnePlus 5 sebenarnya yang menyisipkan dukungan dual-camera belakang.

Namun, kekecewaan muncul dari sebagian fans setia OnePlus. Pasalnya, OnePlus merancang OnePlus 5 dengan desain menyerupai iPhone 7 Plus. Tak hanya itu, penempatan dual-camera di bagian belakang juga juga benar-benar menyerupai dengan smartphone buatan Apple tersebut.

Meskipun begitu, OnePlus 5 tetap menjadi smartphone pertama buatan OnePlus yang mengadopsi pemanfaatan dual-camera belakang. Pihak OnePlus sendiri menegaskan bahwa mereka telah bekerja keras untuk menyiapkan dukungan dual kamera yang disematkan tersebut.

Tak hanya dari sisi sensor yang digunakan, OnePlus juga benar-benar memikirkan secara serius penempatan posisi dual kamera di bagian belakang hingga optimasi software. Untuk itulah, OnePlus sangat percaya diri menggandeng DxOMark guna menciptakan smartphone yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

OnePlus 5 sendiri telah menggunakan sistem dual-camera yang sama dengan yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus. Kombinasi kamera yang disematkan adalah 16 MP dengan aperture f/1.7 dan 20 MP dengan lensa tele yang memiliki aperture f/2.6. Keduanya juga sudah dibekali sensor bikinan Sony.

Dalam beberapa kesempatan, Pete Lau selaku CEO OnePlus selalu menegaskan bahwa dual-camera yang disematkan ke dalam OnePlus 5 memiliki resolusi tinggi sehingga mampu menciptakan hasil foto yang lebih berkualitas. Soal penempatan, mengapa diletakkan di sisi kiri atas untuk mencegah munculnya benjolan pada smartphone tersebut.

Masih terkait dengan penempatan dual-camera di bagian belakang, OnePlus sebelumnya juga sudah melakukan banyak eksperimen. Pete juga menambahkan bahwa sensor yang dimiliki kamera utama OnePlus bisa dibilang besar. Oleh sebab itu, tak cocok jika ditempatkan di tengah, karena akan menghasilkan benjolan yang cukup besar.

OnePlus harus segera mengambil keputusan, dan pada akhirnya menempatkan dukungan dual-camera yang disematkan di sisi kiri atas. Tak hanya dual-camera, daya tarik lain dari smartphone ini adalah dukungan chipset Snapdragon 835 dan RAM sebesar 8 GB serta kamera depan 16 MP yang bisa mengakomodasi penggila selfie.

(last edit: 20 June, 2017 / 5:05 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
69%
Mau
11%
Biasa Aja
4%
Payah!
15%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.