Dalam Sehari, Mayoritas Orang di Dunia Habiskan Waktu 5 Jam di Smartphone

Di era digital seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi kebutuhan khusus yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ya, benda berukuran 4-6 inci ini memiliki peranan yang begitu penting. Mungkin di masa lalu, ponsel hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja. Namun kini, ponsel pintar juga dapat digunakan sebagai media hiburan bahkan media untuk berbisnis. Oleh sebab itu, mayoritas orang di dunia selalu membawa smartphone kapan pun dan dimana pun juga.

Yang menjadi pertanyaan, berapa lama kita menggunakan smartphone dalam sehari? Berdasarkan penelitian yang dilakukan Counterpoint Research, dalam sehari sebagian besar orang di dunia ini telah menghabiskan waktu sebanyak 5 jam hanya untuk mengotak-atik smartphone miliknya. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa satu dari empat orang di dunia ini telah menghabiskan waktu lebih dari 7 jam per hari untuk mengoperasikan smartphonenya.

Berita yang tak kalah menarik juga terdengar dari negara Malaysia. Kabarnya sebanyak 55% responden di negara tersebut mengaku telah menggunakan smartphone lebih dari 5 jam per sehari. Sementara di negara Jepang, 43% responden menyatakan bahwa dalam sehari mereka menghabiskan waktu kurang dari 3 jam.

Hal apa saja yang dilakukan sebagian besar orang ketika menggunakan smartphone? Dari hasil survey dan pendataan yang juga diselenggarakan Counterpoint, browsing dan game menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan, 64% digunakan untuk browsing dan 62% digunakan untuk bermain game.

counterpoint

Kendatipun begitu, telepon via suara masih menjadi hal yang difavoritkan di sejumlah negara seperti di Jepang, German dan mungkin saja di Indonesia. Sementara, aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line atau WeChat didominasi oleh negara-negara berkembang tepatnya di kawasan Asia dan Afrika.

Melihat fenomena bahwa smartphone adalah kebutuhan manusia, produsen smartphone terus konsisten menyediakan smartphone dengan kemampuan yang lebih baik di setiap tahunnya. Lalu seberapa sering setiap orang memperbaharui smartphone mereka?

Berdasarkan hasil penyelidikan, rata-rata orang di dunia ini mengupgrade smartphone setiap 21 bulan sekali. Namun berbeda untuk negara-negara tertentu. Meksiko misalnya, penduduk di negara tersebut kabarnya selalu mengganti smartphone setiap 18 bulan sekali. Anehnya, penduduk negara Jepang yang dikenal sebagai salah satu negara teknologi malah jarang mengganti smartphone. Informasi menyebutkan rata-rata orang Jepang memperbaharui smartphone setiap 26 Bulan atau sama dengan 2 tahun sekali.

Bagaimana dengan Anda, berapa lama Anda menggunakan smartphone dalam sehari? Apakah lebih dari lima jam? Selain itu, seberapa sering Anda memperbaharui smartphone Anda? setiap tahun atau malah setiap satu semester? Bagikan jawaban Anda melalui kolom komentar.

(last edit: 16 October, 2017 / 12:47 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
84%
Mau
3%
Biasa Aja
6%
Payah!
6%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.