Connect with us
ZFMAX-Pro
Tech News

Dalam Sehari, Mayoritas Orang di Dunia Habiskan Waktu 5 Jam di Smartphone

Droidlime.com,

/

women using smartphone

Di era digital seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi kebutuhan khusus yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ya, benda berukuran 4-6 inci ini memiliki peranan yang begitu penting. Mungkin di masa lalu, ponsel hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja. Namun kini, ponsel pintar juga dapat digunakan sebagai media hiburan bahkan media untuk berbisnis. Oleh sebab itu, mayoritas orang di dunia selalu membawa smartphone kapan pun dan dimana pun juga.

Yang menjadi pertanyaan, berapa lama kita menggunakan smartphone dalam sehari? Berdasarkan penelitian yang dilakukan Counterpoint Research, dalam sehari sebagian besar orang di dunia ini telah menghabiskan waktu sebanyak 5 jam hanya untuk mengotak-atik smartphone miliknya. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa satu dari empat orang di dunia ini telah menghabiskan waktu lebih dari 7 jam per hari untuk mengoperasikan smartphonenya.

Berita yang tak kalah menarik juga terdengar dari negara Malaysia. Kabarnya sebanyak 55% responden di negara tersebut mengaku telah menggunakan smartphone lebih dari 5 jam per sehari. Sementara di negara Jepang, 43% responden menyatakan bahwa dalam sehari mereka menghabiskan waktu kurang dari 3 jam.

Hal apa saja yang dilakukan sebagian besar orang ketika menggunakan smartphone? Dari hasil survey dan pendataan yang juga diselenggarakan Counterpoint, browsing dan game menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan, 64% digunakan untuk browsing dan 62% digunakan untuk bermain game.

counterpoint

Kendatipun begitu, telepon via suara masih menjadi hal yang difavoritkan di sejumlah negara seperti di Jepang, German dan mungkin saja di Indonesia. Sementara, aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line atau WeChat didominasi oleh negara-negara berkembang tepatnya di kawasan Asia dan Afrika.

Melihat fenomena bahwa smartphone adalah kebutuhan manusia, produsen smartphone terus konsisten menyediakan smartphone dengan kemampuan yang lebih baik di setiap tahunnya. Lalu seberapa sering setiap orang memperbaharui smartphone mereka?

Berdasarkan hasil penyelidikan, rata-rata orang di dunia ini mengupgrade smartphone setiap 21 bulan sekali. Namun berbeda untuk negara-negara tertentu. Meksiko misalnya, penduduk di negara tersebut kabarnya selalu mengganti smartphone setiap 18 bulan sekali. Anehnya, penduduk negara Jepang yang dikenal sebagai salah satu negara teknologi malah jarang mengganti smartphone. Informasi menyebutkan rata-rata orang Jepang memperbaharui smartphone setiap 26 Bulan atau sama dengan 2 tahun sekali.

Bagaimana dengan Anda, berapa lama Anda menggunakan smartphone dalam sehari? Apakah lebih dari lima jam? Selain itu, seberapa sering Anda memperbaharui smartphone Anda? setiap tahun atau malah setiap satu semester? Bagikan jawaban Anda melalui kolom komentar.

Advertisement
Comments
Tech News

70 Juta Unit Moto G Series Sudah Berhasil Dijual Motorola

Published

on

Moto G6 Plus 1
Motorola pada tanggal 20 April kemarin telah merilis Moto G6 Series dan Moto E5 Series secara bersamaan di Brasil. Di saat yang sama, Motorola juga menegaskan bahwa mereka menargetkan penjualan Moto G6 Series yang menyasar segmen kelas menengah sebanyak 30 juta unit hingga akhir tahun 2018. Wajar jika Motorola menentukan target penjualan Moto G6 Series sebanyak itu. Sebab, Moto G sendiri merupakan salah satu seri smartphone besutan Motorola yang dinilai sukses dalam hal penjualan. Tercatat, dengan lima generasi sebelumnya, Motorola mengakui bahwa Moto G Series telah terjual sebanyak 70 juta unit di seluruh dunia. Dengan peluncuran jajaran terbaru, ditambah generasi...
Continue Reading
Tech News

Wajah Asli Galaxy A6+ ini Buktikan Anut Infinity Display

Published

on

Galaxy A6
Beberapa waktu lalu telah beredar penampakan Galaxy A6+ (2018). Disebut-sebut, smartphone besutan Samsung ini akan datang dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang. Nah! Kabar terbaru, smartphone ini sudah mulai terlihat wujud aslinya. Sudah nongkrong di lembaga sertifikasi National Communications Commission di Taiwan, perangkat yang diduga kuat sebagai Galaxy A6+ memiliki nomor model M-A605G/DS. Tak hanya itu, perangkat ini juga terlihat memiliki dukungan layar Infinity Display khas Samsung. Desas-desus yang juga beredar dan jadi pembicaraan menarik para pencinta gadget, Galaxy A6+ (2018) akan memiliki resolusi layar seperti saudaranya, Galaxy A6 (2018). Namun, smartphone ini memiliki bentang layar sedikit lebih lebar,...
Continue Reading
Tech News

OnePlus 6 Bakal Punya Edisi Marvel Avengers

Published

on

OnePlus Marvel
Film Avengers: Infinity War yang disutradarai oleh Russo Bersaudara (Anthony Russo dan Joe Russo) saat ini jadi perbincangan banyak orang, tak terkecuali mereka penyuka super hero besutan Marvel. Jadi sebuah hiburan yang menarik, film ini pun banyak dilirik oleh banyak industri, tak terkecuali industri smartphone. Ya! Terkait dengan hal itu, produsen smartphone yang ambil bagian untuk "memanfaatkan" ketenaran Avengers: Infinity War adalah OnePlus. Rencananya, produsen smartphone asal Cina tersebut akan merilis OnePlus 6 Marvel Avengers Limited Edition. Untuk meyakinkan pencinta setianya dan juga penyuka super hero besutan Marvels, OnePlus pun menggodanya lewat sebuah teaser yang diupload ke YouTube. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut,...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer