/ Apple

Daftar Rumor yang Gagal Terwujud pada iPhone 8 dan iPhone X

Baru saja dirilis, trio iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X sudah langsung mendapat perhatian dari para pencinta gadget di berbagai negara. Namun, di balik keindahan desain dan kecanggihan fiturnya, kehadiran iPhone X menyisakan banyak cerita menarik.

Cerita menarik ini terkait dengan rumor di dunia maya yang beberapa bulan belakangan ini ikut meramaikan perjalanan kehadiran smartphone flagship tersebut. Ada rumor yang pada akhirnya tetap menjadi rumor, dan ada rumor yang akhirnya berhasil diwujudkan oleh Apple.

Rumor pertama datang dari para analis KGI Research yang menyebutkan bahwa iPhone X hadir dengan fitur Function Area pada bagian bawah panel layar OLED. Sempat terbayang, fitur ini hadir layaknya TouchBar. Namun hingga dirilisnya iPhone X, fitur ini tidak terwujud.

Iphone x

Kabar lainnya menyebutkan bahwa iPhone X bakal hadir dengan sensor fingerprint generasi baru yang ditempatkan pada layar atau bagian belakang perangkat. Faktanya, hal ini juga tak diwujudkan oleh Apple.

Tak kalah menarik informasi yang menyebutkan bahwa Apple akan merilis iPhone 7s, iPhone 7s Plus, dan iPhone 8 untuk memperingati 10 tahun kehadiran iPhone. Namun, belakangan iPhone 8 dirilis sebagai iPhone X, sedangkan iPhone 7s dan 7s Plus hadir sebagai iPhone 8 dan 8 Plus.

Terkait penamaan iPhone terbaru yang diperkenalkan, ada juga ramalan yang tepat. Disebutkan bahwa "kapal induk" untuk menyambut 10 tahun kehadiran iPhone adalah iPhone X. Dan iPhone 8 dan 8 Plus menjadi generasi penerus iPhone 7 dan 7 Plus.

iphone 8 0

Rumor lain menyebutkan bahwa iPhone X akan memiliki varian warna Pink. Namun hingga dirilis, iPhone X hanya hadir dengan varian warna Grey dan Silver. iPhone 8 dan 8 Plus juga hadir dengan varian warna yang lebih terbatas dibanding iPhone 7 series.

Pada bulan Februari 2017 lalu, Wall Street Journal menyebutkan kemungkinan iPhone mengganti port Lightning dengan port USB Type-C. Namum ternyata hal itu tidak terwujud, dimana iPhone X masih menggunakan port Lightning seperti seri iPhone sebelumnya.

Kabar lainnya yang patut diingat, iPhone terbaru racikan Apple ini akan dibekali dengan sertifikasi IP68. Faktanya, ketiga smartphone yang dihadirkan hanya dibekali IP67, artinya hanya dapat tahan di dalam air dengan kedalaman satu meter selama 30 menit.

Rumor terakhir, iPhone X sempat dikabarkan akan memiliki varian internal storage berkapasitas 512 GB. Tentu saja, kapasitas sebesar itu mengingatkan kita pada iPad terbaru yang diperkenalkan oleh Apple. Namun, varian tertinggi iPhone X hanya memiliki internal storage 256 GB saja.

(last edit: 15 September, 2017 / 5:52 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
8%
Mau
4%
Biasa Aja
6%
Payah!
83%
Tentang Penulis
Yasser Arafat

Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.